• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Burhanuddin

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pejabat Struktur di Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah resmi dilantik olah Bupati Kukar Edi Damansyah pada Rabu (15/2/23). Untuk itu diharapkan bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah pembangunan infrastruktur.

Kecamatan Samboja Barat merupakan daerah pemekaran dari Kecamatan induk yakni Samboja. Dengan ditetapkan pejabat defenitif ini tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat.

Camat Samboja Barat Burhanuddin mengungkapkan, ini momen yang ditunggu lama oleh masyarakat Samboja Barat, tentu menunggu struktur pejabat yang ada dan bapak Bupati mengintruksikan setelah dilantik sebagai pejabat defenitif untuk segera bertugas.

Dan pihaknya akan langsung ke lapangan untuk melaksanakan tugas dan ini merupakan tantangan, karena ini adalah daerah baru fasilitas sarana dan prasarana terbatas dan kantornya juga masih minjam kantor desa.

Ia menyebut bahwa Kecamatan Samboja Barat merupakan pintu gerbang saat masuk ke Kukar, akan ketemu dengan Kecamatan Samboja Barat. Karena disana sepanjang garis jalan raya mulai kilometer 25 perbatasan Balikpapan sampai Bukit Suharto itu masuk bagian Kecamatan Samboja Barat.

"Jadi ada 10 wilayah di Kecamatan Samboja Barat yakni 9 kelurahan dan 1 desa. Dengan kondisi itulah mudah-mudahan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat degan adanya Kecamatan Samboja Barat."kata Burhanuddin Rabu (15/2/23).

Burhanuddin mengatakan, walaupun Kecamatan Samboja Barat masuk dalam wilayah Otorita (IKN) Ibu Kota Negara Nusantara tidak menjadi masalah, karena pembangunan IKN masih panjang, dan mungkin tahun 2024 sudah mulai berjalan.

"Tetapi bagaimana pelayanan masyarakat bisa terlayani dengan adanya pemekaran Kecamatan Samboja Barat."jelasnya.

Burhanuddin menjelaskan untuk program kerja kedepan, sebetulnya sudah disusun sebelumnya di kecamatan induk. Untuk program di Kecamatan Samboja Barat karena anggaranya sudah masuk ada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), sehingga tinggal dipilah nanti, mana kegiatan yang masuk Samboja Barat mana yang sudah masuk di kecamatan induk.

"Karena di Kecamatan Samboja kemarin ada 270 kegiatan dengan anggaran kurang lebih Rp 128 miliar. Dan dengan adanya pemekaran ini nanti akan dipisahkan." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top