• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara Muhamad Iryanto

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan sosialisasi pelayanan pendaftaran Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada masyarakat di Kukar.

Upaya dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak dan Blangko KTP-El serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital,

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara Muhamad Iryanto mengatakan, IKD ini merupakan informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui smart phone android yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

IKD ini orang bilang sebagai Digital ID atau ada yang bilang KTP Digital, padahal IKD itu tidak hanya KTP saja. Namun ada juga Kartu Keluarga, BPJS, NPWP, Kartu Pegawai bahkan ada kartu pemilih.

"Jadi intinya IKD itu sudah dilaksanakan secara bertahap di Kukar sejak akhir tahun 2022. Sekarang kita meluas, kalau tahun kemarin hanya sebatas ASN dan sekarang sudah semua masyarakat bisa mengaksesnya melalui android. Dengan cara datang ke Disdukcapil atau ke (MPP) Mall Pelayanan Publik untuk diaktifkan."kata Iryanto saat di konfirmasi Senin (6/2/23).

Syaratnya cukup bawa handphone android kemudian install aplikasi, nanti ada petunjuknya. Kalau lancar hanya membutuhkan waktu 5-7 menit sudah selesai aktifnya. Nanti kalau sudah di aktifasi masyarakat bisa eksplor beberapa dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga dan lainnya.

"Sosialisasi dan layanan aktivasi IKD ini sudah kami dilakukan di awal tahun ini seperti yang dilakukan di expo perayaan Peristiwa Merah Putih Sangasanga beberapa waktu lalu." jelasnya.

Sementara layanan aktivasi IKD ini dalam waktu dekat akan menyasar dan memberikan layanan jemput bola ke generasi milenial yakni civitas akademika kampus. Karena kampus itu memiliki mahasiswa yang jumlahnya ribuan dan potensial,

Ia berharap masyarakat bisa segera mengetahui IKD ini dibantu dengan Sosialisasi dari media, terus langsung mengaktifkan IKD bisa melalui Dinas Capil, MPP dan juga di kantor-kantor camat terdekat . Misalnya di hulu di Kantor Kecamatan Tabang, operatornya yang sudah dilatih untuk bisa mengaktifkan IKD.

"Nah kalau sudah memiliki KTP Digital itu semua informasi dokumen kependudukan itu sudah ada semua dan memudahkan masyarakat mengaksesnya dimana saja." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top