• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Tes wawancara calon Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar tes wawancara bagi calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan/Desa (PKD). Kegiatan yang diikuti 502 peserta ini dilaksanakan mulai 31 Januari hingga 2 Februari 2023 di masing-masing Kecamatan di Kukar.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi PKD sendiri nantinya akan bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di 237 Kelurahan/Desa dari 20 kecamatan Kukar.

Komisioner Bawaslu Kukar, Ali Mukid mengatakan bahwa mulai kemarin Bawaslu Kukar mulai menggelar tes wawancara bagi peserta PKD di setiap Kecamatan hingga besok Kamis (2/2/23) dan tahap selanjutnya akan dilaksanakan pelantikan pada 6 Februari mendatang.

Tes wawancara ini merupakan tahapan yang harus dilalui bagi calon PKD, dan untuk memastikan tidak ada peserta yang berafiliasi dengan partai politik tertentu. Nantinya akan ada 237 PKD di setiap desa yang akan untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di kelurahan/desa.

"Untuk jumlah yang mengikuti tes wawancara ini sebanyak 502 orang yang tersebar di seluruh Kecamatan se-Kukar, Pelaksanaannya secara teknis ditetapkan dan di laksnakan oleh Panwaslu Kecamatan masing-masing. Setelah ini, pengumuman PKD terpilih di tanggal 4 Februari." kata Ali Rabu (1/2/23).

"Harapannya, setelah tes wawancara ini Panwaslu Kecamatan dapat menjaring pengawas yang dapat bekerja dengan baik membantu tahapan pengawasan yang berjalan." ungkapnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top