• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Letkol Inf Jeffri Satria

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Setelah selesai di Kecamatan Sebulu-Muara Kaman, Kegiatan Karya Bhakti TNI dilanjut Tahap ke 2 yaitu di kawasan pertanian Kecamatan Tenggarong Seberang. Kegiatan ini akan dimulai pada akhir Januari 2023, adapun pengerjaannya masih sama yakni pembagunan jalan usaha tani, irigasi, dan jembatan.

Hal ini disampaikan Dandim 0906 Kukar Letkol Inf Jeffry Satria di Makodim 0906 Kukar, Rabu (4/1/23)

Diketahui kegiatan karya bhakti ini merupakan kolaborasi antara Kodim 0906 bersama pemerintah Kabupaten Kukar khsusnya Dinas Pertanian dan Peternakan sebagai leading sektornya. Upaya ini untuk mewujudkan Kukar sebagai lumbung pangan di IKN.

"Kita lanjutkan kemarin yang tahap pertama di wilayah Sebulu Muara Kaman ini sudah selesai. Jadi yang kita bangun jalan usaha tani dan jembatan, harapannya mengkoneksikan infrastruktur bidang pertanian di 5 Desa mulai dari Panca Jaya, Cipari Makmur, Manunggal Daya, Mekar Jaya, Sidomukti." ujar Jeffry.

Kelima Desa ini dihubungkan semua dengan jalan usaha tani, sehingga harapannya pembukaan kawasan pertanian itu bertambah luas, akses mereka juga lebar dan mempermudah masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian menggunakan mobil.

"Dan untuk awal tahun ini tahap ke 2, kita lanjut di wilayah Tenggarong Seberang di Desa Buana Jaya, Kertabuana, dan Pariaman dengan total luas wilayah 16.147,5 hektare. Diakhir Januari ini sudah mulai dilaksanakan pengerjaannya, kegiatannya sama, intinya infrastruktur tani jalan, jembatan dan ada irigasi." jelasnya.

Ia berharap nantinya tidak hanya mengandalkan sektor tambang yang ada di wilayah Tenggarong Seberang, tapi pertanian disana bisa lebih maju. Karena banyak masyarakat yang ingin bertani tapi infrastrukturnya tidak siap. Ini peranan TNI membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur tani.

"Untuk Program Karya Bhakti ini akan berlanjut sampai ke triwulan ke tiga, nanti triwulan ke dua kita lanjut di wilayah Loa Kulu dengan Tenggarong Kota, baru triwulan ke tiga kita lanjut lagi di wilayah Sebulu disektor lain, total nanti akan ada 5 kawasan." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top