• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





SAMARINDA (KutaiRaya.com) - Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi di mana saja. Sebagian besar kecelakaan tersebut terjadi bagi pengguna kendaraan sepeda motor. Tentu penyebabnya sangat banyak dan bisa berasal dari pengendara sendiri ataupun lainnya. Karenanya kita perlu tahu tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan agar selamat ketika berkendara.

Dalam kesempatan kali ini, Safety Riding Instruktur Astra Motor Kaltim 2 Fajrin Nur Huda memberikan tips sederhana agar dapat diterapkan dengan mudah bagi pengendara roda dua maupun roda empat.

1. Membawa Motor ke Bengkel Resmi untuk Pengecekan Kondisi Kendaraan
Setiap akan bepergian pastikan Anda memeriksa kondisi kendaraan dengan seksama. Ketika memanaskan mesin pastikan untuk memeriksa rem, oli, rantai dan kebersihan kendaraan. Hal ini dasar seperti sangatlah penting karena dapat membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Anda juga perlu membawa motor ke bengkel Resmi untuk perawatan lebih lanjut secara berkala. Karena Anda harus mengganti oli setiap beberapa bulan sekali atau mengganti beberapa bagian sparepart karena telah usang.

2. Gunakan Alat Pengaman Dengan Baik dan Sesuai SNI
Tips sederhana agar terhindar dari kecelakaan yang berikutnya adalah memakai pengaman seperti helm SNI. Selain helm pastikan Anda memakai jaket, sepatu, sarung tangan dan masker terlebih di saat pandemi corona saat ini.

Alat pengaman ini penting untuk menjaga Anda dari panas terik, debu serta virus tapi juga bisa menjaga diri ketika terjadi kecelakaan. Jika Anda hanya bepergian untuk jarak dekat, maka minimalnya gunakan helm untuk menjaga diri ketika terjadi kecelakaan.

3. Patuhi Rambu
Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

4. Rencanakan Waktu Perjalanan yang Baik Sehingga Tidak Perlu Memacu Kecepatan Sangat Tinggi
Banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan sangat tinggi. Meski dianggap mengejar waktu mereka namun hal itu selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya.

Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, spion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

"Tidak ada orang yang ingin mengalami kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas dapat kita cegah dan hindari, salah satunya dengan cara mempersiapkan semuanya dengan baik. Semoga dengan tips ini dapat memberikan rasa kewaspadaan kita semua dalam menjaga diri agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas sehingga dapat berkendara dengan selamat sampai tujuan," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top