• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Kukar Edi Damansyah saat meresmikan Posyandu Anggrek 5 Kelurahan Timbau.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Gedung Posyandu Anggrek 5 jalan Wolter Monginsidi 2, RT 32 Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong. Pada Senin (2/1/23) pagi.

Dalam kegiatan peresmian tersebut juga dirangkai dengan acara syukuran RT atas terealisasinya Program 50 juta tahun 2022. Turut hadir Camat Tenggarong Sukono, Lurah Timbau Hendra Suryana, Kader Posyandu, serta para Ketua RT Kelurahan Timbau.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada tokoh masyarakat, kader posyandu, terutama Ketua RT, dan dengan adanya keberadaan mereka selama ini di Kukar berjalan dengan baik.

"Saya maknai kita berkumpul ini lebih dari silaturahmi, kita juga menyatukan kembali bersama kita, kalau selama ini posyandu tidak pernah diurus atau kurang diurus. Saya minta tolong nanti Pak Lurah betul-betul diberikan porsinya, ini sudah tepat pembangunan fisiknya melalui Alokasi Dana Kelurahan (ADK), tinggal nanti bagaimana operasionalnya dan juga nanti bisa diperbaiki." ungkap Edi Senin (2/1/23).

Ia mengungkapkan bahwa posyandu ditingkat Kabupaten sudah melakukan perbaikannya, karena posyandu itu selama ini kalau urusan kelembagaan itu urusan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), tapi kalau SDM nya dan operasionalnya Dinas Kesehatan.

"Kemarin sudah saya tugaskan Kepala Dinas Kesehatan, supaya posyandu kita jalan dengan baik dan Dinas Kesehatan lah yang menyampaikan konsep kerjanya. Jadi nanti bagaimana dukungan pembiayaannya bisa lebih optimal lagi kita berikan, terutama regenerasi kader-kader posyandu." jelasnya.

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada para ketua RT yang sudah melaksanakan tugas, ia berharap nanti dioptimalkan lagi program 50 juta per RT. Ini program nilainya 50 juta.

"Mudah-mudahan kerja bersama kita ini terus menguatkan peran fungsi para ketua RT itu bisa berjalan dengan baik." ucapnya.

Sementara Lurah Timbau Hendra Suryana mengatakan bangunan posyandu ini adalah bangunan yang ke 3 yang dibangun melalui ADK pada tahun 2022. Tanah pada bangunan ini adalah tanah hibah dari bapak Aji Sudarman tahun 2021 dengan ukuran 20 x 10 meter.

Ia menyebut, sejauh ini yang sudah terbangun adalah gedung posyandu di Jalan Ikip Mekar Sari, posyandu di Jalan Patin Kuning yang dibangun pada tahun 2020, dan terakhir di tahun 2022 adalah bangunan posyandu anggrek 5 di RT 32.

Hal ini membuktikan bahwa kami Kelurahan Timbau sangat mensuport kegiatan pemberian pelayanan bagi warga masyarakat. Alhamdulilah pada tahun ini juga kami telah membagikan beberapa barang berupa sarana dan prasarana penunjang yang ada di Kelurahan Timbau.

Adapun posyandu anggrek 5 ini terdiri dari posyandu balita dan lansia yang mencakup 3 RT yaitu RT 8, 9, dan RT 32. Dengan jumlah balita pada posyandu ini kurang lebih 45 orang dan jumlah lansia 37 orang.

"Saya berharap peresmian gedung ini dapat memberikan suatu semangat bagi seluruh kader dan ketu RT dalam menjalankan tugasnya untuk mengajak warganya ke posyandu." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top