• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat peluncuran Aplikasi Sie Desa (Sistem Informasi Elektronik Desa)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) – Tahun 2022 akan segera berakhir, tentunya banyak prestasi yang telah diraih Pemkab Kutai Kartanegara dibawah kepemimpinan Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin.

Dipertengahan tahun 2022, Kabupaten Kutai Kartanegara Bangga Sebagai Tuan Rumah Penutupan BSBI Virtual Tahun 2022.

Penunjukan Kabupaten Kukar sebagai Tuan Rumah Penutupan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) Virtual Tahun 2022, tentunya menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemkab Kukar. Apalagi, kegiatan ini menandai transisi pelaksanaan BSBI secara Virtual akibat terdampak oleh pandemi Covid-19 selama dua tahun lebih.

Selanjutnya, Pemkab Kukar apresiasi Kodim 0906 Kukar yang telah menggelar TMMD ke-114 tahun 2022 yang diselenggarakan di Desa Panca Jaya kecamatan Muara Kaman. Mengingat kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan yang menjadi prioritas sekaligus pilot project penanganan atau penanggulan kemiskinan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kabupaten Kukar oatut berbangga kembali karena Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara memastikan pada tahun 2022 ini dari 193 desa sudah tidak ada lagi Desa tertinggal di Kukar. Hal ini berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), terdapat lima klasifikasi desa di Indonesia diantaranya desa sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju, dan mandiri. Kemudian terdapat tiga indikator yang digunakan dalam mengukur IDM setiap desa yaitu indeks ketahanan pangan, ketahanan ekonomi dan sosial, serta ketahanan lingkungan.

Berikutnya dalam rangka HUT RI ke 77, Pemkab Kukar Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Di Jembatan Kukar Minggu (14/8/2022). Hal ini juga sebagai rangkaian Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI.


Masih dalam kegiatan TMMD ke 114, akhirnya resmi ditutup oleh KASAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman. Penutupan berlangsung dalam upacara yang dihadiri pejabat TNI, Dandim 0906 Letkol Inf Jeffry Satria, Bupati Kukar Edi Damansyah, Wakil Ketua DPRD Kukar Alif Turiadi, Camat Muara Kaman Hj. Barliang dan para Kades se Kecamatan Muara Kaman, berlangsung di Lapangan Bola Desa Panca Jaya, Muara Kaman, Rabu (24/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kukar Edi Damansyah bersyukur, dalam kegiatan ini juga sesuai Visi Misi Kukar Idaman yang sudah ditetapkan, salah satu fokusnya adalah pembangunan penguatan ekonomi dibidang pertanian pariwisata dan ekraf.


Didalam bukti nyata merealisasikan programnya, Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah serahkan bantuan Rehabilitasi Rumah Ibadah sebesar Rp 230 juta kepada pengurus Pura Pasopati Parisada Hindu Dharma Indonesia, di Desa Kerta Buana Kecamatan Tenggarong Seberang, Senin (29/8/2022).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, bantuan ini sesuai dengan pogram kami yakni Revitalisasi Rumah Ibadah. Program ini sebagai bentuk kehadiran kami ditengah-tengah umat yang ada di Kukar, umat agama dan keyakinan apapun kami pastikan hadir bersama, salah satunya kami memberikan bantuan.


Dalam rangka memperingati HUT Kota Tenggarong yang ke 240 yang bertepatan 28 September 2022 Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan Ziarah Makam Raja Sultan pendiri Kota Tenggarong, yang berada di Komplek Museum Mulawarman Tenggarong.

Pada ziarah tersebut diikuti sejumlah kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, jajaran Forkopimda Kukar dan unsur Kepala OPD untuk melakukan ziarah dengan meletakkan karangan bunga lompo.


Kemudian, masih dalam bentuk nyata kinerjanya, beberapa waktu lalu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bersilaturahmi dengan para pedagang Pasar Tangga Arung dan Mangkurawang terkait rencana revitalisasi Pasar Tangga Arung, berlangsung di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Kamis (6/10/2022)malam.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, silaturahmi ini bertujuan untuk menampung aspirasi para pedagang di kedua pasar milik Pemkab Kukar tersebut. Sekaligus menyampaikan rencana revitalisasi Pasar Tangga Arung yang turut mendapatkan usulan dari pedagang.


Di bulan Oktober 2022, kembali Bupati Kukar Edi Damansyah melakukan rotasi, mutasi dan promosi pejabat. Sebanyak 32 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas dan Fungsional resmi dilantik. Senin (17/10/22) sore di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar.

Adapun pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik yakni Ahyani Fadianur Diani jabatan baru Staf Ahli Bidang Umum Setkab Kukar, Didi Ramyadi Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hj. Aji Lina Rodiah Kadis Kearsiapan dan Perpustakaan Daerah dan H. Fida Hurasani Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pejabat administrator, pengawas dan fungsional lainnya.

Selain kinerja nyata Bupati Kukar, OPD di Kukar juga berlomba-lomba untuk menunjukkan kinerjanya dengan melakukan inovasi, diawali dari Diskominfo Kukar yang meluncurkan program Proper Lobi Ku. Hal ini dalam rangka percepatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Berikutnya, pada peringatan HSN 2022, Bupati Kukar Berikan Beasiswa kepada Ratusan Santri dan Guru. Edi Damansyah mengatakan, atas nama Pemkab Kukar, mengucapkan selamat hari santri 2022. Tentunya pada kesempatan ini menyampaikan penghargaan kepada para Kyai, Ulama , Ustadz dan Ustadzah, terkhusus para pengasuh pondok pesantren di Kukar.

"Keberadaanya ini terus berkembang dan kami melalui Kukar Idaman, ada Kukar Berkah salah satunya memberikan bantuan 100 juta kepada pondok pesantren , ini salah satu upaya konkret kami hadir bersama para pengasuh dan pengelola pondok pesantren," ucapnya.

Dan lanjutnya, semoga beasiswa ini betul-betul bisa terlaksana dengan baik , tidak hanya di jajaran Pemkab Kukar tapi harapannya penerima beasiswa ini supaya betul-betul konsen untuk belajar dan beasiswa ini yang berikan sejak awal sampai selesai dia mengikuti proses pendidikan.


Ada yang baru di Kukar, karena Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi buka trayek angkutan penumpang umum perintis Tabang - Kembang Janggut - Tenggarong - Samarinda. Peresmian trayek ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dengan didampingi oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin di Terminal Timbau, Sabtu (22/10/2022).

Trayek layanan angkutan antar kecamatan dilakukan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Perum Damri, dengan tujuan mempermudah akses masyarakat hulu yang ingin bepergian jauh tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Setelah melewati proses dan tahapan, akhirnya Bupati Kukar Resmi Lantik 86 Kades Terpilih Periode 2022-2028, di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang.

"Kami ucapkan selamat atas pelantikan Kepala Desa definitif, serta kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas pengabdian Kepala Desa periode masa bakti sebelumnya yang telah memasuki purna tugas," ucap Edi Damasyah Kamis (27/10/22).

Edi mengungkapkan dengan dilantiknya Kepala Desa yang baru, maka sejak saat ini, tugas, fungsi, wewenang, hak dan kewajiban Kepala Desa dengan sendirinya telah melekat pada diri saudara-saudara sekalian. Semua amanah itu harus dipertanggungjawabkan dengan baik kepada seluruh masyarakat Desa, dan Pemerintah Kabupaten.


Bangga, Desa Pela Raih Juara III Nasional Kategori Kelembagaan Desa Pada Ajang ADWI 2022

Kabupaten Kukar patut berbangga, karena salah satu Desanya yakni Desa Wisata Pela, Kecamatan Kota Bangun meraih juara III pada Kategori kelembagaan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dengan tajuk "Dari Desa Untuk Indonesia Bangkit", berlangsung di Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/22) malam.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Budi Arie Setiadi dan dimeriahkan oleh penampilan beberapa artis papan atas.

"Kukar patut berbangga salah satu desa kita mendapatkan Juara pada kategori kelembagaan untuk desa wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dan Desa Pela menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang mendapat penghargaan berturut-turut dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Wakil Bupati Kukar H. Rendi Solihin singkat, yang turut menghadiri acara tersebut saat dihubungi, Senin (31/10/2022).


Kembali OPD melakukan inovasi, Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono melaunching Aplikasi Perubahan "Pria Idaman" yakni Strategi Optimalisasi Keterpaduan Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur Daerah Kabupaten Kukar.

Acara launching itu berlangsung di Aula Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Selasa (1/11/22). Aplikasi Pria Idaman merupakan inovasi dari Kepala Dinas PU Wisnu Wardhana.

Kemudian, DPMPTSP Kukar Miliki Inovasi PILOT, Percepat Pelayanan Perijinan UMKM, inovasi ini mempermudah dan mempercepat pelayanan perijinan UMKM sampai ke Kecamatan yang ada di Kukar.

Kepala DPMPTSP Kukar Bambang Arwanto mengatakan dengan adanya inovasi PILOT ini, pelayanan bisa langsung datang ke tempat tempat diamana perijinan itu dibutuhkan.


Tak mau kalah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar juga melakukan inovasi dengan melaunching Aplikasi Sie Desa (Sistem Informasi Elektronik Desa). Aplikasi tersebut resmi dilaunching oleh Bupati Kukar Edi Damansyah. Kegiatan launching tersebut bertepatan dengan silaturahmi antar pemerintah Kabupaten Kukar dengan Pemerintah Desa se-Kukar yang berlangsung di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong, Rabu (9/11/22).

Kepala DPMD Kukar Arianto mengatakan, aplikasi SIE DESA ini adalah aplikasi yang dibuat oleh DPMD, terkait dengan bagaimana untuk mengelola, menghimpun, dan memanfaatkan data. Diantaranya data perangkat desa, BPD, arsip desa, kelembagaan desa, dan aset desa sampai data desa.


MTQ Ke 43 Tingkat Kabupaten Kukar Resmi Dibuka Bupati Kukar

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-43 Tingkat Kabupaten Kukar, di Arena Utama MTQ Kecamatan Loa Kulu Kukar, Minggu (27/11/2022) malam.

Bupati Kukar Edi Damansyah berharap, MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kukar yang diikuti 18 Kecamatan ini juga sebagai ajang persiapan untuk lomba MTQ tingkat provinsi Kaltim mendatang.


UMK Kukar 2023 Disepakati Rp 3.394.513

Dewan Pengupahan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menetapkan upah minimum kabupaten (UMK) Kukar tahun 2023 sebesar Rp 3.394.513 atau naik sebesar Rp 194.858 dengan persentase 6,09% dari tahun sebelumnya Rp 3.199.654,80.

Keputusan ini ditetapkan dalam rapat Dewan Pengupahan Daerah Kukar bersama stakeholder terkait, di ruang rapat sekrataris daerah Kabupaten Kukar, Rabu (30/11/2022).

Plt Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar Muhammad Hatta mengatakan, setelah Upah Minimun Provinsi (UMP) Kaltim sudah ditetapkan, maka kita saat ini menindaklanjutinya sesuai dengan Permenaker yang baru Nomor 18 tahun 2022, selambat-lambatnya tanggal 7 Desember 2022 sudah harus menetapkan UMK.


Soft Launching MPP Kukar, Bupati Edi Damansyah Berharap Optimal Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP). Soft Launching MPP tersebut dilakukan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah, di kantor DPMPTSP Kukar Jum'at (2/12/22).

Dalam acara soft launching MPP tersebut dirangkai dengan penandatangan MoU antara Bupati Kukar dengan instansi yang ada di MPP. Dan turut dihadiri Sekertaris Daerah Kukar Sunggono, Dinas Pertanahan Kukar, Kepala Bappenda Kaltim Ismiyati, Kepala Direktirat Jendral Pajak Kalimantan Timur dan Utara Max Darmawan, perwakilan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim, Manajer PT Taspen Cabang Samarinda, intentitas terkait.

Bupati Edi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membentuk dan membangun MPP ini. Namun masih ada beberapa yang harus dibenahi, terutama sapras kelengkapan IT yang masih proses pengadaan di Diskominfo.


Diskominfo Kukar Targetkan Awal 2023 Nol Blank Spot

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) menargetkan pada awal 2023, 18 Desa di Kabupaten Kukar yang belum terjangkau sinyal internet bisa mengakses internet .

Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto mengatakan, 10 desa yang belum terjangkau internet akan ditangani melalui program Kementerian Komunikasi dan Informatika. Adapun sebagian sudah difasilitasi Kemenkominfo,


Launching CSR Award IV, Bupati Minta Optimalisasi Program TJSP

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melaunching Corporate Social Responsibility (CSR) Award yang ke IV. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar, berlangsung di Ruang Serba Guna Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Senin (12/12/22).

Kegiatan launching award ke IV bertemakan sinergitas CSR Membangun Kutai Kartanegara Yang Inovatif, Berdaya Saing Dan Mandiri. Dalam acara tersebut turut dihadiri Kepala DPMPTSP Kukar Bambang Arwanto, Ketua Forum TJSP Kukar Agung Hasanudin, Tim Penilai CSR Award Mohamad Fadli, serta OPD terkait.

Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan terima kasih dan apresiasi bahwa CSR Award masih dilaksanakan dan keikutsertaan perusahaannya menambah dari datanya peningkatan setiap tahun, tapi belum semuanya. Itu yang disampaikan bahwa apresiasi ini bagaimana investasi di lakukan di Kukar


Hasil Survey Kepuasan Publik, Masyarakat Puas Terhadap Program Pemkab Kukar

Berdasarkan hasil survei kepuasan publik terhadap program Pemkab Kukar yang dilaksanakan Badan Penelitian Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar bekerjasama dengan Universitas Proklamasi 45 Jogjakarta. Bertempat di ruang serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (12/12/2022).

Sekertaris Daerah Kukar Sunggono mengatakan bahwa ada hasil potret dari Universitas 45 Jogja, seperti apa persepsi masyarakat terhadap 23 program Dedikasi Pemkab Kukar. Dari survei tersebut, ada dua kelompok besar persepsi masyarakat.


Serapan Anggaran Kukar Capai 82 Persen

Di penghujung tahun 2022 serapan anggaran Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) sudah mencapai 82 persen. Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah Kukar Sunggono Jum'at (23/12/22).

Sunggono menjelaskan untuk serapan anggaran by sistem OPD ada yang mencairkan tapi belum melaporkan. Namun yang dipantau belum, di by sistem baru kurang lebih 64% keatas. Tapi kalau by sistem ada kewajiban laporan perkembangan fisik,

"Dan tiga hari yang lalu sudah diatas 82 persen. Artinya teman-teman sudah melaksanakan, tapi belum menagihkan, atau belum melaporkan. Kami yakin sampai akhir tahun telah mencapai 85 persen." kata Sunggono.


Optimis Melebihi Target, PAD Kukar Capai Rp 446 Miliar

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) masih akan terus memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga masa tutup buku anggaran 2022. Saat ini, pendapatan sudah mencapai Rp. 446 Milliar.

Diketahui pada 2021 lalu target PAD Kukar hanya sekitar Rp. 400 Milliar, dan capaiannya sekitar Rp. 500 Milliar. Tentunya hal ini mengalami peningkatan baik dari target maupun capaiannya. Dan kemungkinan tahun depan targetnya bisa naik,

Kabid Perencanaan Pendapatan, Pengembangan dan Pengawasan Bapenda Kukar Erwan Riyadi menyebutkan, hingga saat ini PAD yang masuk mencapai sekitar Rp. 446 Milliar, dengan target sekitar Rp. 500 Milliar. (One)

Pasang Iklan
Top