• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekertaris Kwarcab Kabuoaten Kukar Aji Ali Husni

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Gerakan pramuka Kutai Kartanegara terus lakukan gebrakan untuk menyambut Ibu Kota Nusantara, salah satu upayanya yaitu dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pembinaan pada jenjang pendidikan. Hal ini disampaikan Sekertaris Kwarcab Kabuoaten Kukar Aji Ali Husni belum lama ini.

Ali menjelaskan dalam rangka menyongsong IKN Kwarcab Kukar sudah siapkan banyak hal, pertama tentang SDM tentunya kalau bicara IKN ini pasti bicara SDM baik itu pembina maupun peserta didik.

"Nah kalau pembina kita memang selalu gencar, mereka banyak guru-guru yang selama ini belum ada kursus belum mengikuti kursus pembina. Karena pembina itu tidak bisa langsung lahir sendirinya, tapi harus melalui jenjang pendidikan yaitu Kursus Mahur Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) ini yang selalu kita gencarkan di kecamatan-kecamatan sehingga. update ke pembina ini lebih cepat," ungkapnya.

Kemudian peserta didik ini selalu dilaksanakan lomba-lomba ketangkasan, tentunya mensupport kegiatan pemerintah itu adalah pelatihan kewirausahaan, karena memang secara fokus pemerintah ini dengan anak muda adalah pelatihan kewirausahaan di mana bisa mengurangi angka kemiskinan, mengurangi pengangguran.

"Pramuka juga punya andil untuk itu. Karena Pramuka ini rata-rata anggota yang di kecamatan itu adalah semuanya anak anak muda. Generasi muda kita juga melalui generasi muda, melalui organisasi Pramuka ini minimal bisa support untuk peningkatan SDM, untuk kemandirian mereka untuk berusaha. Kemudian keterampilan mereka kemudian kematangan jiwanya tentang spiritual emosionalnya. Karena pengaruh ini kan besar ini tidak hanya jumlah pekerjaan, maupun lapangan pekerjaan, tapi juga tentang mental."jelasnya.

Selain itu, lanjut Ali Pramuka juga membekali anak-anak ini dengan mental yang siap untuk menghadapi pengaruh besar IKN dengan masukkan wawasan kebangsaannya. Kemudian tentang kenakalan remaja, penanggulangan kenakalan remaja narkobanya semua dibekali. Artinya untuk IKN hal-hal yang mendasari itu persiapan SDM dan hal yang negatif pun sudah antisipasi mulai dari pembinanya sampai dengan peserta didiknya.

"Makanya kita melakukan penguatan penguatan. Penguatan organisasi yang mana memang harus ada seluruh organisasi yang ada dalam tubuh Gerakan Pramuka, itu harus berdiri di kecamatan karena ada beberapa organisasi kelengkapan organisasi Pramuka itu yang belum ada contohnya Pramuka peduli. Pramuka peduli ini juga di kecamatan harus ada berdiri tapi tidak banyak hanya ada beberapa saja yang saat ini sudah ada, tapi vakum kegiatannya itu." Pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top