• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara






TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Ketua Komisi IV DPRD provinsi Kaltim Akhmed Reza Fahlevi kembali melaksanakan sosialisasi wawasan Kebangsaan (Sosbang) di daerah pemilihannya.

Kali ini Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kukar dipilih untuk kegiatan Sosbang, dengan menghadirkan dua narasumber Ridwan dan Muhammad Rendi Afandi, juga dihadiri tokoh masyarakat serta dihadiri mayoritas kaum milenial, berlangsung di rumah besar Jalan Ahmad Yani Tenggarong, Minggu (18/12/2022).

Reza mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja dari DPRD Kaltim bersama Pemprov Kaltim, dan program ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di Indonesia khususnya di Kaltim.

"Karena sampai saat ini kita melihat terutama daerah pedalaman masih banyak masyarakat kita yang belum memahami betapa pentingnya ideologi Pancasila dan bahkan ada yang belum hafal maupun belum melaksanakan nilai-nilai kandungan daripada Pancasila," ujar politisi muda Gerindra tersebut.

Reza berharap, dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa memahami dan mengamalkan butir-butir Pancasila dan UUD 1945 di kehidupan sehari-hari, serta memahami Bhineka tunggal Ika dan NKRI.

"Kita selama ini sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat dan menyasar ke sekolah - sekolah kemudian anak-anak muda milenial dan tentunya kita akan mensosialisasikan Wawasan Kebangsaan terus kepada masyarakat," imbuhnya.

Ia menambahkan, empat konsensus kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila adalah ideologi dan dasar negara. UUD 1945 adalah konstitusi negara. NKRI sebagai bentuk negara. Dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara. Empat konsensus tersebut merupakan rambu rambu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Jikalau empat konsensus ini dipelajari dan diamalkan tentu persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan semakin kuat," tutupnya. (One)

Pasang Iklan
Top