• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Salah satu narasumber Ridwan dari media online KutaiRaya.com saat memaparkan materi tentang jurnalistik media online pada Pelatihan Jurnalistik Dan Mahasiswa Kabupaten Kutai Kartanegara)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Sejumlah Pelajar SMP dan SMA serta Mahasiswa di Tenggarong mengikuti pelatihan jurnalistik mulai 13 sampai 15 Desember 2022, di aula SMP YPK Tenggarong.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Dispora Kukar bersama yayasan Akademi Borneo Cerdas dan media online Pro Kaltim online, menghadirkan beberapa narasumber dari insan pers yang sehari-hari bertugas di Tenggarong.

Kepala Dispora Kukar diwakili Sekretaris Dispora Kukar Ramadhan mengatakan, pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa-siswi SMP dan SMA sederajat serta Mahasiswa di Kota Tenggarong dalam bidang jurnalistik.

"Karena kami menyadari kegiatan jurnalistik merupakan bakat yang harus diasah sejak dini. Sehingga melalui kegiatan jurnalistik, bakat siswa terhadap kegiatan menulis menjadi terasah dengan baik," ujarnya.

Ia mengaku, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kita dari kepemudaan dan olahraga, harapan kita pelajar dan mahasiswa punya intelektual dan menumbuhkan kemampuan jurnalis.

"Harapan kita dengan media sebagai tolak ukur kemampuan dan memberikan sumbangsih untuk Kukar, wilayah kita harus berikan hal positif dalam informasi di media, maka pelatihan ini sangat penting dilaksanakan kepada pelajar dan mahasiswa sejak dini," tuturnya.

Ketua panitia pelaksana Agus Hamidiansyah menuturkan, mempelajari ilmu jurnalistik akan mendapatkan banyak manfaat terlebih ketika nantinya benar-benar menjadi jurnalis, tidak saja akan menambah pengalaman, namun juga manfaat lain yang akan didapatkan ketika menyenangi dunia jurnalistik.

"Dalam kegiatan pelatihan ini juga menjadi jurnalis tidak cukup hanya bisa menulis, harus dibarengi dengan teknik-teknik menulis yang harus dikuasai seorang jurnalis. Menjadi seorang penulis yang paling utama adalah kecintaan dan suka pada dunia tulis menulis terlabih dahulu, kemudian tak kalah pentingnya adalah berlatih , berlatih dan berlatih terus sehingga kemampuan kita terasah untuk itu pelatihan ini kita gelar," terangnya.

Salah satu narasumber Ridwan dari media online KutaiRaya.com memaparkan, jurnalistik media online adalah aktivitas yang diterapkan pada media online seperti website, blog, forum, sosial media atau media-media online lainnya.

"Cara menulis jurnalistik online seperti menggunakan bahasa lugas, jangan menggunakan kata panjang jika ada kata ringkas, ringkaslah kata jika memungkinkan, jangan pernah menggunakan kalimat pasif jika bisa kalimat aktif," pungkasnya. (One)

Pasang Iklan
Top