• Selasa, 23 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Salehuddin bersama guru dan pelajar SMKN 3 Pusat Keunggulan Tenggarong usai pelaksanaan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan)



TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP kembali melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) DPRD Provinsi Kaltim, kali ini dilaksanakan di Desa Loa Lepu Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, Senin (28/11/2022).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Akademisi Suroto, dan dihadiri mayoritas Siswa SMKN 3 Tenggarong dan tokoh masyarakat.

Salehuddin mengatakan, Sosbang ini salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terdiri dari landasan ideologi Pancasila, Konstitusi, persatuan dan kesatuan serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah.

"Bela negara diperlukan karena adanya ancaman yaitu, setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan bangsa. Tujuan sosialisasi ini juga sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan masyarakat Kaltim yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah," terang Salehuddin.

Politisi Golkar tersebut menambahkan, dalam kegiatan ini antusias yang hadir cukup bagus, dan kegiatan ini menjadi informasi yang cukup penting, karena nasionalis kita akhir-akhir ini memang mengalami penurunan termasuk juga lunturnya nasionalisme penghargaan terhadap simbol-simbol negara, kemudian bagaimana informasi hoax yang selama ini beredar akan memberikan dampak pemikiran yang salah terhadap negara juga cukup besar.

"Untuk itu harapan kami dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan proses pengenalan kembali kepada anak-anak kita bahwa kita semua punya tanggung jawab memupuk kemudian menyemangati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari semangat nasionalisme itu," harapnya.

Ia juga berharap, semoga kegiatan ini bisa lebih masif lagi kita laksanakan kemudian dibeberapa jenjang generasi agar semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap negara kita ini bisa kita pupuk kembali. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top