• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Acara Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi SDM Kesenian Tradisional

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesenian Tradisional. Kegiatan berlangsung di Gedung A Aula UPTD Museum Mulawarman, Tenggarong Rabu, (23/11/22).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor, dan turut menghadirkan Narasumber dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Dimas Raditya Putra, Kosasih Bismantara, Kepala Disdikbud Kalimantan Timur yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan Yekti Utami, Kabid Kebudayaan Kukar Mulyadi, serta peserta.

Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor menyampaikan apresiasi atas digelarnya sosialisasi ini. Diharapkan dengan adanya sosialisasi akan meningkatkan kualitas kesenian tradisional yang ada dikukar.

"Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan di empat kecamatan saja, tapi bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kukar. Karena masih banyak potonsi kesenianan yang perlu ditingkatkan terutama SDM para seniman."ungkap Thauhid Rabu (23/11/22).

Kabid Kebudayaan Kukar Mulyadi mengatakan tujuan dari kegiatan adalah untuk menginformasikan beberapa program yang ada di kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI dan Program dari Bidang Kebudayaan Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur yang memungkinkan secara regulasi untuk bisa dikolaborasi dengan Program yang ada di Dinas Kabupaten / Kota.

"Untuk jumlah peserta sebanyak 47 orang yang terdiri dari kelompok atau komunitas seni dan perorangan. Peserta berasal dari Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Muara Kaman, Kota Bangun dan Loa Kulu."katanya

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini agar para pelaku perseorangan dan komunitas seni dapat mengetahui lebih jauh tentang beberapa Program Kementrian yang ada guna, agar bisa membantu para seniman untuk dapat melaksanakan kegiatan di daerah terutama masalah kegiatan yang memerlukan bantuan pendanaan.

Kemudian berkaitan dengan sertifikasi agar para seniman bisa meningkatkan SDM dan pengkaryaannya serta memperbanyak fortofolio, karena Sertifikasi saat ini sangat diperlukan dalam berbagai kegiatan seni baik di tingkat Lokal Daerah, Nasional maupun Internasional. Mengingat dikabupaten Kukar sangat terbatasnya jumlah pelaku seni atau seniman dalam memiliki sertifikat seniman.

"Hasil dari kegiatan Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi SDM Kesenian pada kali ini nantinya akan dilaksanakan Kegiatan Standarisasi dan Sertifikasi SDM Kesenian pada tahun 2023 yang akan datang, bagi pelaku seni atau seniman yang ada di kabupaten Kukar secara bertahap."tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top