• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



David Haka

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Pekan Kreatif Daerah (PKD) di Kecamatan Loa Kulu, pada Sabtu (19/11/22) besok. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang untuk berkarya bagi seluruh insan kreatif di Kukar.

Kepala Bidang Pengembang Ekonomi Kreatif Dispar Kukar David Haka Saputra mengatakan kegiatan PKD merupakan program yang sudah menjadi agenda pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata yang mampu meningkatkan kembali perekonomian masyarakat khususnya pelaku ekonomi masyarakat UMKM.

Dan merupakan Program Dedikasi Kukar Idaman sesuai dengan amanat misi ketiga RPJMD yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta sebagai ajang unjuk karya bagi seluruh insan kreatif di Kukar sambil membangun jejaring antar pelaku ekonomi kreatif,

David menyebut PKD tahun 2022 dilaksanakan di tiga zona wilayah yaitu wilayah hulu di Kecamatan Kota Bangun, wilayah tengah Kecamatan Loa Kuku, dan wilayah hilir di Kecamatan Muara Badak.

"Diadakannya pekan kreatif yang akan menampilkan pruduk 17 subsektor kreatif berdasarkan potensi wilayah masing – masing kecamatan. Upaya keterlibatan sub sektor lain di dalam setiap kegiatan, termasuk adanya forum lintas komunitas dengan salah satu keunggulan dan sub sektornya."ungkap David.

Diantaranya seni pertunjukan yang mampu menjadi lokomotif bagi sub sektor lainnya. Seni pertunjukkan merupakan sub sektor unggulan Kukar selain music dan film, animasi dan video hasil sinergi dan kolaborasi dari berbagai sub sektor seperti Tenggarong Kutai Carnival yang merupakan sebuah even festival dengan konten di dalamnya berupa music dan seni pertunjukan.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Loa Kulu dan sekitarnya."tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top