• Rabu, 24 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin S.Sos,S.Fil,M.AP)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Salehuddin S.Sos,S.Fil,M.AP mengapresiasi keberhasilan Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, satu-satunya Desa Di Kaltim yang meraih juara III nasional pada Kategori kelembagaan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf RI.

Menurut politisi Golkar tersebut, prestasi yang ditunjukan Desa Pela dalam pengelolaan pariwisata kita apresiasi dan tentunya kita sangat bangga, oleh karena itu ke depan yang sudah dilakukan ini perlu ditingkatkan lagi sehingga bisa menjadi daya tarik desa pela untuk orang berdatang berwisata kesana.

"Yang pasti kita mengucapkan selamat kepada Desa Pela karena dari sekian ratus Desa yang menjadi nominator, Desa Pela berhasil meraih juara 3 Nasional, " ujar Saleh sapaan akrabnya.

Salehuddin mengatakan, prestasi yang diraih Desa Pela ini membuktikan bahwa Desa kita di Kukar punya potensi dan juga perlu perhatian dari Pemerintah Daerah, prestasi ini juga bagaimana kita memelihara momentum penghargaan ini agar kuantitas dan kualitas perlu ditingkatkan.

"Kemudian ini akan menjadi pilot projek bagi Desa-desa yang lain di Kukar bahkan di Kaltim yang memiliki potensi wisata yang tak kalah menariknya dengan Desa Pela, tetapi memang belum tergarap dengan baik," ucapnya.

Ia berharap, agar Kepala Desa kemudian Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa dan tokoh masyarakat harusnya lebih maju berpikirnya, karena setiap potensi yang ada di Desa terutama wisatanya kalau digarap dengan baik maka akan mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat Desa.

"Harapannya juga Pemkab Kukar dan Dinas Pariwisata bisa memberikan dorongan, walaupun di beberapa Desa di Kukar yang memiliki potensi wisata yang pertama menjadi permasalahan masalah akses dan sarana prasarananya, ini perlu dipikirkan bagaimana mensuport terutama Desa Wisata Pela, tinggal membenahi beberapa hal yang cukup krusial itu, dan bagaimana menghimpun partisipasi masyarakat karena ini juga usaha masyarakat, kalau ini sudah berjalan dengan baik maka dampaknya juga untuk masyarakat Desa," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top