• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid saat menyampaikan materi)


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasyid menjadi narasumber dalam pelatihan peningkatan pemasaran melalui pembangunan website bisnis, yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UKM Kukar, di Rumah BUMN Kantor PLN Tenggarong Rabu (9/11/22).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM ini berlangsung selama satu hari, yang diikuti 30 peserta dari UMKM yang ada di Tenggarong.

"Harapannya dengan pelatihan peningkatan UMKM ini, artinya UMKM yang ada di Kukar khususnya di Tenggarong ini bisa mengembangkan prodak yang dimiliki sekarang." ungkap Rasyid kepada KutaiRaya.com usai acara pelatihan Rabu (9/11/22).

Ia mengungkapkan, selama ini terkandung prodak pemasaran dilakukan secara manual, secara tradisional. Tetapi dengan adanya pelatihan ini bisa menggunakan media sosial, kemudian pemasaran melalui website bisnis.

"Harapannya bisa memajukan ekonomi masyarakat di Kukar." ucapnya.

Menurutnya pengemasan dan pemasaran yang menjadi kelemahan untuk mengembangkan produk UMKM. Kalau bicara produk lokal Kukar ini banyak prodak-prodak lokal yang kualitasnya luar biasa, tapi karena kemasannya yang kurang menarik.

"Sehingga adanya pelatihan ini memberi nilai tambah bagi masyarakat kita. Oleh karena itu saya contohkan misalnya ada gula semut yang ada di Desa Tuana Tuha, ini kan prodak lokal tapi kalau kualitas dari prodak itu sendiri luar biasa." ujarnya.

Jadi ini perlu dicontoh UMKM yang ada di Kukar, bagaimana kedepan disamping pembenahan prodak prodak itu sendiri dan kemasan harus ditingkatkan lagi.

"Melalui pelatihan ini adalah awal kita, kalau ini sudah bagus insyaallah nanti kita akan terapkan di beberapa kecamatan yang memiliki produk unggulan dari UMKM bisa kita tonjolkan ke masyarakat."jelasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top