• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Disperindag Kukar Arfan Boma

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Untuk memastikan tidak ada lonjakan harga Bahan Kebutuhan Pokok dan Penting (Bapokting), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) akan melakukan monitoring dengan didampingi tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan di 18 Kecamatan.

Kepala Disperindag Kukar Arfan Boma mengatakan selain melaksanakan operasi pasar Disperindag bersama tim satgas pangan, nanti akan memantau harga-harga di pasar bekerjasama dengan forum komunikasi pasar, supaya menyampaikan kepada masyarakat karena situasi lagi inflasi ini.

"Untuk para pedagang, mohon agar melakukan proses jual beli bahan pokok dengan benar dan jangan mengambil kesempatan dengan mengambil untung lebih." kata Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma, Senin (7/11/2022).

Boma menyebutkan bahwa Disperindag Kukar saat ini telah mendapat anggaran sebesar Rp 500 juta yang digunakan untuk subsidi biaya angkut bahan sembako di 18 kecamatan di Kukar.

"Kita bekerjasama dengan para distributor sembako di wilayah Kaltim untuk melakukan distribusi barang-barang kebutuhan pokok kepada seluruh pasar di kabupaten. Dimana secara rinci bahan kebutuhan rumah tangga yang dibiayai subsidinya yakni, gas, garam, telur, kecap, dan lain-lain," jelas Boma.

Kemudian ada 15 Bapokting yang dibutuhkan oleh masyarakat, Disperindag Kukar akan menyediakan subsidi bagi pendistribusian bagi 18 kecamatan. Misalkan barang tersebut harganya Rp 30 ribu di Tenggarong maka di Kecamatan Tabang juga harganya akan sama yakni Rp 30 ribu juga, jadi tidak ada perubahan.

"Kami menghimbau kepada pedagang-pedagang lokal supaya bisa membantu hal ini, karena ada beberapa kelompok-kelompok pedagang yang merasa tersaingi. Saya bilang ini hanya temporer saja tidak selamanya. Intinya kami mencoba menekan peredaran uang di masyarakat dengan menjaga stabilitas harga, supaya harga ini tidak melonjak." tutup Boma. (*dri)

Pasang Iklan
Top