• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekda bersama Ketua DPRD dan Kepala Dinas PU serta pejabat PU Kukar foto bersama


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekertaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono melaunching Aplikasi Perubahan "Pria Idaman" yakni Strategi Optimalisasi Keterpaduan Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur Daerah Kabupaten Kukar.

Acara launching itu berlangsung di Aula Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar Selasa (1/11/22). Aplikasi Pria Idaman merupakan inovasi dari Kepala Dinas PU Wisnu Wardhana.

Sekda Kukar Sunggono menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada Wisnu Wardhana selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kukar atas keberhasilannya menyelesaikan Laporan Implementasi Aksi Perubahan dalam rangka mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional II Angkatan XIV LAN RI Samarinda dengan judul Strategi Optimalisasi Keterpaduan Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur Daerah pada Kabupaten Kukar,

Semoga laporan implementasi aksi perubahan ini, benar-benar membawa perubahan yang signifikan bagi upaya keterpaduan pembangunan dan pemerataan infrastruktur daerah di Kukar, sebagaimana judul dari laporan tersebut.

"Harapan saya bahwa laporan implementasi aksi perubahan yang disusun oleh Kepala Dinas PU ini, dapat menjadi jawaban bahkan solusi yang efektif dan efisien yang akan menyelesaikan permasalahan ketidakterpaduan pembangunan infrastruktur pada tiga sektor yaitu pertanian, ekonomi kreatif dan pariwisata." jelasnya.

Sementara Kepala Dinas PU Kukar Wisnu Wardhana mengatakan upaya melakukan program strategis digitalisasi untuk optimalisasi pembangunan infrastruktur daerah, jadi disitu nanti ada keselarasan pembangunan kemudian pemerataaan dan yang terpenting nanti ada kolaborasi dan adaptif terhadap data-data digital yang perlu dikembangkan.

"Kemudian kita mempunyai basis data dan aplikasi yang andalan. Jadi ada program infrastruktur andalan yang inovasinya berdaya saing dan mandiri, makanya kita sebut Pria Idaman." ujar Wisnu.

Ia menyebutkan untuk target jangka pendek saat ini ada 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Tenggarong dan Tenggarong Seberang yang akan di bedah dan disiapkan baik data-data digitalnya maupun rencana pembangunannya kedepan, terutama 3 sektor yakni pertanian, ekonomi kreatif dan pariwisata.

Kemudian nanti keterpaduan pembangunan dan konektivitas antar wilayah dengan infrastruktur dasar yaitu jalan-jalan atau transportasi yang bagus dan mantap.

"Dengan adanya Aplikasi ini menjadi akses keterbukaan, kecepatan dan ketepatan dalam pembangunan. Jadi menjadi andalan bagi Pemkab di bidang infrastruktur kami akan mewujudkan itu. Kami mempunyai data besik yang kuat mengenai infrastruktur di Kukar secara menyeluruh. Da juga kemudahan mengakses dan menginformasikan baik itu data Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Sumber Daya Air." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top