• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sunggono

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Persiapan pelaksanaan sudah mencapai 80 persen, Perhelatan MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) siap dimulai pada 26 November 2022 di Kecamatan Loa Kulu.

Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah Kukar Sunggono pada acara Ekspose MTQ ke 43 Tingkat Kabupaten Kukar Selasa (1/11/22) di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar. Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pelantikan Dewan Pengawas dan Verifikasi MTQ.

Sekda Kukar Sunggono mengatakan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar Ke-43 tidak ada komplain yang terlalu berarti dari teman-teman peserta kafilah se-Kukar. Itu menunjukkan bahwa seluruh fasilitasi yang direncanakan Camat Loa Kulu sudah sesuai dengan harapan.

"Sampai dengan saat ini untuk persiapannya MTQ yang lain sudah 80 persen tinggal memasukkan panggung." ujarnya.

Ia menambahkan Bupati Edi Damansyah memiliki komitmen untuk peserta yang memberikan hasil terbaik khususnya di Provinsi akan diberikan hadiah umroh. Dan khusus juara 1 sampai 3 akan dibelikan rumah.

Sementara Camat Loa Kulu Ardiansyah mengatakan untuk persiapannya sudah hampir mencapai 100 persen. Tapi dalam hal ini nanti kegiatan panggung utama masih dijadwal pada tanggal 25. Kalau panggung untuk arena lomba sudah semuanya, pemondokan juga hampir rampung.

Sedangkan untuk pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan di lapangan sepak bola, sesuai surat pak Sekda. Pembukaan dan penutupan disana. Karena masing-masing pemondokan di empat desa itu untuk pendekat arena kafilah yang ada. Jadi jaraknya 200-600 meter di masing-masing lomba menyesuaikan tempat. Jadi mengurangi kepadatan kendaraan.

"Pada tanggal 26 kafilah sudah datang dari 18 kecamatan untuk kita verifikasi dan validasi data yang mengikuti lomba. Tanggal 27 kita langsung pembukaan yang dibuka Bupati sampai tanggal 3 Desember 2022.""jelasnya.

Dia menyebutkan untuk anggaran MTQ saat ini hampir Rp 9,5 Miliar, yang digunakan untuk uang pembinaan, karena tujuan pemerintah sudah lima kali MTQ kabupaten juara. Harapan bupati uang pembinaan anak-anak kafilah yang selama ini di kecamatan dimohon untuk dinaikkan.

"Harapan kami Pemcam sekaligus Ketua Umum MTQ Kabupaten mohon dukungan masyarakat Kukar untuk mendukung kegiatan ini. Dan berikan support kepada kami, semoga MTQ ini bisa lebih baik lagi kedepannya." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top