• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP saat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) dengan menghadirkan Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti sebagai narasumber)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Salehuddin, S.Sos, S.Fil, M.AP melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) DPRD Provinsi Kaltim perdana dengan tajuk "Memperkokoh wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara", di Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong, Kukar, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, juga dihadiri perwakilan Polsek Tenggarong, Kanit Bimas IPDA M Nasir dan Koramil Tenggarong, dan dihadiri peserta dari SMAN 1 Tenggarong.

Salehuddin menjelaskan, dasar kegiatan ini salah satunya dari UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3, yang berbunyi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, dan agenda kedewanan masa sidang III Tahun 2022.

"Sosbang ini salah satu tanggung jawab DPRD Kaltim dalam rangka membangun landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, terdiri dari landasan ideologi Pancasila, Konstitusi, persatuan dan kesatuan serta semangat keberagaman sebagai modal sosial membangun kekuatan bangsa Indonesia dan pembangunan di daerah, " ujar saleh sapaan akrabnya.

Politisi Golkar ini mengaku, bela negara diperlukan karena adanya ancaman yaitu, setiap usaha dan kegiatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan bangsa.

"Tujuan sosialisasi ini juga sebagai upaya mewujudkan nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan masyarakat Kaltim yang mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah," imbuhnya.

Saleh mengatakan,dalam kegiatan ini antusias yang hadir cukup bagus, dan kegiatan ini menjadi informasi yang cukup penting, karena nasionalis kita akhir-akhir ini memang mengalami penurunan termasuk juga lunturnya nasionalisme penghargaan terhadap simbol-simbol negara, kemudian bagaimana informasi hoax yang selama ini beredar akan memberikan dampak pemikiran yang salah terhadap negara juga cukup besar.

"Untuk itu harapan kami dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan proses pengenalan kembali kepada anak-anak kita bahwa kita semua punya tanggung jawab memupuk kemudian menyemangati dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari semangat nasionalisme itu," harapnya.

Ia juga berharap, semoga kegiatan ini bisa lebih masif lagi kita laksanakan kemudian dibeberapa jenjang generasi agar semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap negara kita ini bisa kita pupuk kembali.

Sementara itu, narasumber kegiatan Rinda Desianti menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut yang telah dilaksanakan anggota DPRD Kaltim, karena wawasan kebangsaan bela negara ini memang sesuatu yang wajib kita sosialisasikan terus menerus terutama pada generasi muda.

"Karena nanti tatanan kedepan pasti lebih berat apalagi telah ditetapkannya Kukar menjadi bagian dari salah satu wilayah IKN, tentu saja ini menjadi tantangan yang luar biasa karena pasti banyak pendatang dan bagaimana menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap tanah air ini dibuktikan seperti bergaul secara baik dilingkungan kita maupun terhadap orang yang datang dari luar," terangnya.

Rinda berharap, kegiatan ini bukan hanya saat ini saja, tetapi kegiatan yang continue dilakukan.

"Kami juga melaksanakan kegiatan seperti ini hanya saja ada keterbatasan waktu, anggaran dan personil, sehingga setiap tahun akan kami lakukan tetapi tidak semua segmen, hanya beberapa kelompok sasaran kami," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top