• Rabu, 17 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kegiatan Manasik Haji Cilik

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kecamatan Tenggarong menggelar Manasik Haji Cilik, di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong, Sabtu (29/10/22).

Kegiatan yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali ini sempat fakum selama 3 tahun akibat pandemi covid 19 dan akhirnya kembali dilaksanakan. Total ada 16 lembaga bermain dan TPA TK se-Kecamatan Tenggarong terdiri dari 223 anak-anak yang mengikuti Manasik Haji Cilik 2022.

Sebelum memulai kegiatan manasik haji dimulai, kegiatan tersebut dirangkai dengan pembagian sertifikat Manasik Haji Cilik dan penyerahan infak dari peserta manasik berupa tempat sampah ke Masjid Agung Sultan Sulaiman yang diterima secara oleh Ketua Takmir Masjid.

Ketua HIMPAUDI Kecamatan Tenggarong Desi Iramawati mengatakan tujuan dari kegiatan Manasik Haji Cilik ini adalah memperkenalkan anak-anak sejak dini rukun islam ke lima dan ini merupakan program kegiatan HIMPAUDI yang diadakan setiap tahun.

"Adapun tahapan Manasik ini, pertama kita memberi pengumuman pada setiap lembaga, pendaftaran, setelah pendaftar kita data beberpa lembaga yang ikut, setelah itu kita bagi 5 kloter. Kemudian hari ini pelaksanaannya dipandu oleh tim pemandu dari Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk pelaksanaan manasik meliputi persiapan pemberangkatan haji, yang dipandu dengan pemandu, dilanjutkan wukuf dipadang arafah dan musdalifah untuk pemgambilan batu, kenudian mina dan ketiga melempar jumrah, tawaf mengelilingi kabah, dan terakhir yaitu syari.

"Kami berharap semoga kegiatan Manasik Haji Cilik pada tahun depan, untuk pesertanya bisa lebih banyak lagi dan seluruh lembaga bisa mengikuti manasik haji," tutup Desi. (*dri)

Pasang Iklan
Top