• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pelantikan 54 anggota Panwaslu Kecamatan se Kukar dilangsungkan di Hotel Grand Elty Tenggarong.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Muhammad Rahman resmi melantik 54 anggota panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) se-Kecamatan Kukar pada penyelenggaraan pemilu 2024. Pelantikan berlangsung di Hotel Grand Elty Singasana Tenggarong Kamis (27/10/22) malam.

Dalam pelantikan ini turut dihadiri Asisten I Setkab Bidang Kesra Kukar Ahmad Taufik Hidayat, Kepala Kesbangpol Rinda Desianti, Ketua Bawaslu Kaltim Hari Darmanto, Rektor Unikarta Prof. Dr Ir Ince Raden, dan para Camat.

Ketua Bawaslu Kaltim Hari Darmanto mengatakan panitia panwaslu ini adalah orang-orang terbaik dari beberapa proses tahapan, artinya mereka ini di takdirkan untuk mengawal pemilu 2024 dengan cara yang luar biasa. Harapannya mereka bekerja baik, tetap profesional, dan jaga integritas.

Menurut Heri, dirinya percaya metode perekrutan yang dilakukan oleh Bawaslu, menyaring melalui sistem tes tertulis kemudian melalui wawancara yang dilakukan teman-teman Bawaslu Kabupaten. Mereka yang paling tau orang yang bisa menerjemahkan gagasan pemilu dan kami pikir mereka yang terpilih orang yang bisa menerjemahkan pikiran-pikiran bagaimana menjadi pengawas pemilu.

"Kami berharap kita semua menjadi satu kesatuan yang sinergi untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024." jelasnya.

Sementara Ketua Bawaslu Kukar Muhammad Rahman mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya kawan-kawan Panwaslu Kecamatan, melalui proses yang begitu ketat persaingan dari kawan-kawan yang mendaftar, ada proses Tes Tertulis Computer Assisted Test (CAT) dan proses wawancara.

"Dan alhamdulillah pada malam ini kita sudah melantik panwaslu di kecamatan." kata Rahman Kamis (27/10/22).

Adapun peran-peran anggota panitia panwaslu yang dilantik itu sudah ada, perannya setelah dilantik balik ke kecamatan, baru kemudian membentuk sekertariatan dan sudah melakukan pengawasan.

"Harapan kita mereka yang dilantik hari ini berkontribusi besar didalam melakukan pengawasan di wilayah kecamatannya. Kedepan kita juga akan bekali mereka terkait pemetaan kerawanan pelanggaran yang terjadi baik itu refleksi di 2019 atau refleksi di 2020 lalu." jelasnya.

Dia mengungkapkan setelah dilantik ini akan lakukan pembekalan nilai-nilai dasar kepengawasan ke pantai panwaslu. Karena dari yang direkrut itu secara dasar, mereka sebagian besar itu mantan penyelenggara baik itu ditingkat KPPS, Panwaslu TPS, PPS, dan Panwaslu Kelurahan Desa di tahun 2019 dan 2020.

Secara track record, dan secara nilai-nilai dasar terkait penyelenggaraan pemilu ini sudah paham. Setelah pembekalan ini juga akan terjunkan kawan-kawan di tahapan verifikasi faktual nya, yang sedang berlangsung sampai tanggal 4 November 2022.

"Pembekalan selama 2 hari ini, kita juga bekali kawan-kawan berkaitan proses pengawasan di tahapan penyelenggaraan pemilu yang sedang berlangsung verifikasi faktual dan data pemilu yang akan segera kita lakukan pemutakhiran." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top