• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Karya Bhakti TNI

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Kodim 0906/Kukar mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Karya Bhakti TNI bersama Perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar Rabu (26/10/22).

Hadir dalam Rakor tersebut Bupati Kukar Edi Damansyah, Sekertaris Daerah Sunggono, OPD terkait, Kasdam Kodim 0906/Kukar Mayor Mahfuzd, Camat Sebulu Edi Fahrudin, Camat Muara Kaman Berliang, serta 9 perwakilan perusahaan.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan dalam rakor ini secara khusus mengundang pihak perusahaan, supaya para perusahaan itu berkontribusi melalui program tanggungjawab sosialnya (TJSP), khususnya beberapa perlengkapan saja.

"Karena kami dari Pemkab bersama Dandim ini yang terkait Karya Bhakti menyelesaikan jalan usaha tani, embung, jembatan, dengan saluran irigasi infrastruktur tani. Harapannya kawasan ini ingin kita bentuk sebagai percontohan kawasan pertanian terpadu, jadi ada sawah disana, kemudian ada pertanian hortik, peternakannya, dan perikanan." kata Edi Rabu (26/10/22).

Edi menjelaskan bahwa esisting ini sudah dikerjakan oleh para petani disana, Karya Bhakti ini sebagai penguatan saja. Jadi para perusahaan ini diharapkan karena ada rencana pengembangan peternakan ada kandang sapi, dan kambing yang sudah dibuatkan Dandim rencana dan kebutuhan biayanya.

"Memang harapannya supaya partisipasi perusahaan ini bisa secepatnya jadi satu di dalam kegiatan Karya Bhakti TNI di Kecamatan Muara Kaman dan Sebulu. Jadi tidak hanya dari partisipasi Pemkab tapi juga dengan dunia usaha juga kita kolaborasi." ujarnya.

Ia menyebut dari seluruh perusahaan yang hadir sudah memberikan dukungan. Namun karena masih ada keputusan pimpinan diatas. "Jadi dari hasil rapat ini akan kita buatkan surat, sehingga nanti akan disampaikan ke pimpinan perusahaan. Mereka menjanjikan awal bulan depan ini sudah ada konfirmasi kembali." sebutnya.

Sementara Kasdam Kodim 0906/Kukar Mayor Mahfuzd mengatakan bahwa pelaksanaan Karya Bhakti kemarin pihaknya bersama tim juga sudah survei ke lokasi. Untuk progres sudah dibentuk dari 8.900 meter pengerjaan clearing pengerjaan jembatan dan gorong-gorong sudah 80 persen, tinggal masukan upgrade dengan 20 persen pengerjaan jembatan.

"Ditargetkan diawal bulan Desember pengerjaan tersebut selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat disekitar." ucapnya.

Adapun kegiatan yang dikerjakan adalah jembatan dulu dan jalan usaha tani, peningkatan jalan yang tadinya becek di bersihkan dan ditinggakatkan. Setelah itu pembangunan jembatan dan gorong-gorong supaya membantu kendala masyarakat selama ini.

"Nanti untuk pengelolaan kita akan membuat Bumdes bersama, dari 5 desa itu akan mengambil kontribusi disana supaya kegiatan tersebut bermanfaat untuk desa-desa sekitar." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top