• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati Kukar saat meresmikan Trayek Angkutan Penumpang Umum Perintis Tabang, Kembang Janggut, Tenggarong Samarinda

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi buka trayek angkutan penumpang umum perintis Tabang - Kembang Janggut - Tenggarong - Samarinda.

Peresmian trayek ini ditandai dengan pemecahan kendi oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dengan didampingi oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin di Terminal Timbau, Sabtu (22/10/2022).

Trayek layanan angkutan antar kecamatan dilakukan oleh Pemkab Kukar melalui Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Perum Damri, dengan tujuan mempermudah akses masyarakat hulu yang ingin bepergian jauh tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Edi Damansyah mengatakan bahwa kebijakan ini tidak ada maksud tujuan untuk mematikan usaha teman-teman selama ini yang menyediakan jasa angkutan dari kecamatan Tabang dan sekitarnya, Tenggarong dan Samarinda.

"Sekali lagi saya tegaskan tidak ada maksud untuk mematikan yang sudah berjalan ini, tetapi apa yang kita lakukan ini merupakan tugas dan kewajiban pemerintah. Jadi kalau kategori wilayah yang harus dulu dilakukan bagaimana pemerintah hadir menyediakan sarana prasarana yang berkaitan dengan angkutan ini. Makanya ini diistilahkan trayek perintis." kata Edi Sabtu (22/10/22).

Edi menyebut nanti kalau sudah maju dan berkembang ada pihak-pihak swasta yang bisa menyediakan fasilitas angkutan ini yang memang sudah standarnya, kebijakan ini akan dievaluasi bahkan akan diarahkan lagi ke zona-zona lain di wilayah Kabupaten Kukar.

"Saya mohon dukungannya semua pihak, pemahaman semua pihak bahwa apa yang kita lakukan ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dibidang angkutan dan pelayanan ini berstandar, apalagi situasi dan kondisi kita saat ini pemulihan ekonomi pasca covid. "katanya.

Sehingga pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya di sarana prasarana trasnportasi yang dilakukan Dinas Perhubungan Kukar bersama Perum Damri.

"Saya terima kasih kepada Kepala BPTD Kementerian Perhubungan Kaltimtara dan GM Perum Damri yang selama ini sudah memberikan suport, sehingga bersedia bekerjasama dengan Dishub Kabupaten Kukar. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat."jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kukar Ahmad Junaidi menambahkan bahwa trayek ini akan beroperasi setiap hari, mulai pagi itu dari Tabang jam 8 kemudian singgah di Kembang Janggut jam 9.

"Kalau bus penumpang kapasitasnya kita ada 25, ada yang 19 penumpang. Untuk saat ini yang 19 dulu, nanti kalau memang antusias masyarakat tinggi kita tambah lagi yang 25. Untuk tarif sendiri yang dikenakan di Kembang Janggut 80 ribu sedangkan di Tabang 100 ribu. "pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top