• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kukar Dayang Marissa)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Anggota DPRD Kabupaten Kukar Dayang Marissa mengajak para santri untuk bersama-sama membangun Kukar dari berbagai leading sektor di peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022.

Terlebih untuk mengenang perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dimana Presiden Jokowi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, tanggal tersebut merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan resolusi jihad yang dibacakan KH. Hasyim Asy’ari yang berisi perintah untuk berjuang mengusir tentara sekutu yang akan menjajah kembali Indonesia.

"Saya berharap para santri lebih percaya diri dan siap menjadi pengisi kekuatan bangsa yang belum terisi untuk menjadikan Kukar, kabupaten yang maju," ujar Ica sapaan akrabnya.

Politisi Golkar ini mengatakan, bahwa saat ini para santri harus mampu keluar dari zona nyaman, dan rutinitas. Selain itu juga para santri harus mampu mengisi semua leading sektror untuk Kukar yang lebih baik kedepannya.

"Kepada para santri, tentu saya juga menaruh harapan agar para santri ini adaptif terhadap perubahan zaman, jebolan ponpes ada yang jadi ulama, jadi guru, jadi pengusaha, jadi petani cerdas, ada yang ahli di bidang IT, ada yang di pemerintahan, ada yang fokus di ekonomi kreatif dan sektor-sektor lainnya," terangnya.

Ia menambahkan, di era globalisasi dan dunia yang semakin terbuka tanpa jarak, ruang dan waktu seperti saat ini, pendidikan dan budaya kehidupan santri perlu diperhatikan dan dipertahankan mengingat kebutuhan manusia tidak hanya mengolah IQ intelektual semata.

"Akan tetapi mengolah spritual intelejensi dalam hal ini santri sangat dibutuhkan untuk menyongsong masa depan yang semakin tidak menentu, ancaman aqidah, ideologi dan pemikiran-pemikiran keras bisa terminimalisir ketika kita memberi pendidikan yang moderat di dunia pendidikan berbasis santri," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top