• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Foto bersama disela sela acara Ngapeh Hambat Bahas Percepatan Implementasi SPBE

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dalam rangka percepatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Ngapeh Hambat, bertempat di Lobi Kantor Diskominfo Kukar Kamis (20/10/22).

Acara Ngapeh Hambat yang mengusung tema "Ayo Wujudkan Transformasi Digital dengan SPBE, Jangan Ada Yang Tertinggal" dirangkai dengan launching proyek perubahan (proper) LOBI-KU. Sebagai penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kukar.


Turut hadir Asisten III Bidang Administrasi Umum Kukar Totok Heru Subroto, Kepala Diskominfo Kota Samarinda Aji Syarif Hidayattulah, Kapala Diskominfo Kukar Dafip Harianto, Gugus Tugas Kukar IdamanIdaman dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar.

Kapala Diskominfo Kukar Dafip Harianto mengatakan bahwa LOBI-KU ini ada dampak untuk jangka pendek, tengah dan panjang, yang jelas berkaitan dengan implementasi SPBE. Dimana implementasi ini berkaitan dengan proses pembelajaran yang dilakukan di Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang diikuti Kepala Diskominfo Kukar Dafip Harianto saat ini.

"Proper LOBI-KU bisa diterapkan di OPD kita, dengan memperhatikan diskusi kita memetakan persoalan yang dihadapi oleh kita. Termasuk juga yang dihadapi beberapa OPD. Ini yang kita ramu, makanya kita sepakat menggagas tim pelayanan digital terpadu."ujar Dafip.

Lanjutnya, di beberapa tempat sudah ada, seperti di Bandung, Jabar namanya Jabar Digital Service. Mungkin arahnya hampir sama, dalam rangka untuk membantu mengakselerasi proses implementasi juga mewujudkan kemudahan pelayanan publik di masyarakat.

"Kedepan pekerjaan rumah kami adalah mengimplementssikan proper LOBI-KU ke kecamatan hingga ke desa, ini tantangannya. Bahkan malah ada sebagian desa yang belum tersentuh tapi sudah mengimplimentasikannya."katanya.

Ia menambahkan bahwa pihaknya sudah juga bertemu dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), bagaimana nanti 2023 Bupati minta implementasi Siskudes secara online, persiapan internetnya sudah dilakukan.

"Digitalisasi selanjutnya pelayanan hingga tingkat desa. Integrasi juga akan kita lakukan, dalam waktu dekat (2023) ini kami lakukan di OPD dahulu." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top