• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Bupati Kukar Edi Damansyah saat membuka Pesparawi ke 1 Kabupaten Kutai Kartanegara)


TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, didampingi Wakil Bupati H Rendi Solihin secara resmi membuka Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-1 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Tahun 2022, yang dilaksanakan mulai 17-20 Oktober.

Untuk pertama kalinya Pesparawi digelar dan berlangsung meriah di Gedung Bela Diri Komplek Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan Piala Juara Umum Pesparawi Idaman oleh Bupati Edi Damansyah.

Adapun Piala yang akan diperebutkan dalam lomba Pesparawi ini diserahkan kepada Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kukar, Mikha Agus Widiyanto.

Sementara lomba yang dipertandingkan yaitu Perlombaan Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Paduan Suara Wanita (PSW), Vocal Grup (VG), Solois Anak Usia 7-13 Tahun, Solois Remaja/Pemuda Putera, Musik Pop Gerejawi (MPG), Cerdas Cermat Alkitab (CCA) Usia 14-24 Tahun.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan selamat kepada seluruh kontingen Kecamatan di Kukar. Pesparawi ini yang diberikan dukungan Pemerintah dan kegiatan ini merupakan dedikasi Kukar Idaman dibidang ke agamaan.

"Kami memastikan melalui program Pesparawi ini semua kegiatan kegiatan keagamaan pasti akan terfasilitasi sesuai dengan program-program kegiatan yang sudah direncanakan baik para tokoh, pemuka, umat Kristiani dan beberapa organisasi serta beberapa gereja yang selalu aktif kita melakukan diskusi. Salah satunya kegiatan pesparawi ini adalah hasil dari diskusi kami bersama dan kami masukan dalam satu kegiatan program keagamaan Kukar Idaman tahun 2021-2026," ujar Edi.

Menurut Edi program keagaman ini harus terfasilitasi dengan baik khususnya kegiatan pesparawi, sebagaimana diketahui bahwa kegiatan pesparawi bukan hanya sekedar lomba, tapi kegiatan ini juga merupakan kegiatan pembinaan keagamaan.

"Sehingga harapan kami dengan kegiatan pesparawi ini terjadi peningkatan kualitas keimanan dan ke takwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan juga pesparawi ini menjadi bentuk pembinaan mental spiritual. Kalau mental spiritual umat ini baik itu pasti hal-hal lain juga akan baik," jelasnya.

Kemudian melalui Pesparawi tahun 2022 ini bersama- sama melakukan pembinaan keagamaan yang baik di Kukar. Dan kegiatan ini juga memberikan manfaat tidak hanya kepada umat kristiani saja, tetapi juga kepada seluruh masyarakat Kukar,

Edi menyebut karena kegiatan ini baru pertama dilaksanakan, ia menyarankan kepada Ketua LPPD Kukar agar selanjutnya kegiatan ini bisa dilaksanakan di luar ruangan. Supaya kegiatan ini memberikan dampak bagi ekonomi rakyat.

"Karena banyak orang berkumpul pasti saudara- saudara kita yang pedagang kecil akan mendapatkan hasil pada momen-momen seperti ini. Jadi kegiatan Pesparawi tahun 2022 yang dilaksanakan in door, untuk pada tahun 2023 pelaksanaannya digelar di out door," pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top