• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(istimewa)


TENGGARONG,(KutaiRaya.com) – Desa Sabintulung memiliki potensi sebagai penghasil purun yang melimpah. Memanfaatkan hal tersebut, Kades, Kepala Adat Desa dan TP PKK Sabintulung melakukan terobosan dengan berkolaborasi dengan PT Kecana Agri Ltd untuk melakukan pelatihan anyaman purun.

Pelatihan tersebut dilakukan di Serapo Belian Desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman. Kegiatan tersebut langsung ditinjau oleh Bupati Kukar Edi Damansyah,Minggu (16/10).

Kades Sabintulung Arta mengatakan pelatihan yang dilakukan adalah awal bagi masyarakat Sabintulung untuk berkarya menghasilkan sebuah produk dan bisa dipasarkan keluar dari Desa Sabintulung.

"Untuk itu bersama-sama melakukan pelatihan bagi ketua dan koordinator TP PKK Desa Sabintulung dalam pembuatan kerajinan purun dan selanjutnya nanti setelah mahir dalam pembuatan produk dari purun mereka akan melatih anggotanya dan masyarakat sekitar dalam pembuatan kerajinan purun," katanya.

Agar lebih mengembangkan potensi purun di Desa Sabintulung dan menghasilkan kerajinan yang bisa dipasarkan di Kukar maupun luar.

Pihaknya meminta agar ada yang membimbing pelatihan tersebut dan akhirnya disambut oleh PT Kencana Agri Ltd untuk melaksanakan pelatihan yang selama 3 hari 11- 13 Okteober 2022.

"Semua fasilitas bahan dan lain – lain difasilitasi oleh Pt Kencana Agri Ltd, kami sangat berterima kasih atas kepeduliannya untuk pengrajin purun,"ujarnya.

Selanjutnya nanti setelah adanya pengrajin purun di Desa Sabintulung, akan dibentuknya kelompok – kelompok unit usaha pengrajin purun dan keterampilan lainnya. Apa yang dilakukan sekarang adalah salah satu usaha pemerintah desa untuk menopang perekonomian di Desa Sabintulung.

"Untuk ibu – ibunya di sini selain bekerja di sawit dan nelayan, mereka bisa juga melakukan kerajinan anyaman purun ini nantinya agar bisa berkembang,”ungkapnya.

Dikatakannya setelah melihat adanya berbagai macam produk yang dihasilkan oleh para pengrajin sudah banyak yang berminat untuk membeli. Perusahaan sudah merilis orang – orang yang berminat untuk membeli produk yang dihasilkan.

"Kami sangat berharap Pemkab Kukar bisa membantu membina dan memasarkan produk – produk yang dihasilkan pengrajin ini. Alhamdulilah setelah berbincang dengan Bupati dan Camat Muara Kaman produk kami dipesan untuk acara MTQ di Muara Kaman nanti," kata Arta.

Ferdinan dari PT Kencana Agri Ltd mengatakan pihaknya tidak terlalu sulit dalam memberikan pembelajaran bagi yang ikut pelatihan anyaman purun.

"Mereka langsung mengerti dan cepat dalam mengadopsi berbagai bentuk produk yang akan diolah dari anyaman purun dan hasilnya sangat memuaskan dan siap untuk dipasarkan tinggal melatih lebih banyak orang lagi agar tidak kewalahan dalam memenuhi pesanan konsumen nanti,"ucapnya.

Dia juga menyebutkan merek yang akan digunakan produk yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sabintulung akan menggunakan nama Saruncana Desa Sabintulung kerajinan purun kreatif dan berkualitas.

Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut masyarakat di Desa Sabintulung bisa mengkreasikan idenya melalui sebuah produk yang berkualitas dan diminati oleh konsumen sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat di Desa Sabintulung. (hms)

Pasang Iklan
Top