• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Sarkowi V Zahru saat menghadiri program Merdeka Belajar di Hutan Mahoni Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenvgarong Seberang)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kaltim Sarkowi V. Zahry belum lama ini bersama dengan Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) mengikuti program Merdeka Belajar di Hutan Mahoni, Desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang.

Dalam kesempatan itu, politisi Golkar ini juga takjub dengan pengembangan produk madu kelulut yang dilakukan di hutan Mahoni seluas 3,5 hektare yang desain besarnya untuk pengembangan eduwisata di Desa Bangun Rejo.

"Saat ini produk Madu kelulut jadi tumpuan ekonomi sebagain warga di Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang," ungkap Owi sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, dari usaha ini, warga yang dulunya adalah petani, mampu menghasilkan jutaan rupiah.

"Madu kelulut berasal dari madu yang dihasilkan lebah hutan. Lewat prakarsa yang dibuat warga dari kotak berbentuk segi empat, yang ditopang kayu, membuat usaha ini menjadi sektor ekonomi yang menjajikan saat pandemi covid-19 lalu yang juga memukul perekonomian, dan memberi inspirasi warga untuk mengembangkan usaha ini," terangnya.

Untuk itu, dirinya sangat mendukung adanya usaha madu kelulut ini. Bahkan kini sudah ada produk yang telah dihasilkan.

"Olahan turunan dari madu kelulut ini menjadi berbagai macam produk. Ini terbangun atas kerja sama pihak desa dengan Fakultas Pertanian, Program Studi Peternakan, Universitas Mulawarman (Unmul). Unmul, dengan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PDP2D), berupaya membantu warga mengembangkan madu kelulut agar mudah diterima masyarakat," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top