• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala DPMD Kukar saat meninjau pelaksanaan tes tertulis peserta Pendekar Idaman 2022.(kutairaya/andri)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Total ada 443 peserta ikuti tes tertulis, setelah dibukanya pendaftaran Rekrutmen Tenaga Pendamping "Pendekar Idaman" Kutai Kartanegara (Kukar) 2022 beberapa waktu, oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Tes yang dilaksanakan di Gedung Bela Diri Komplek Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang pada Sabtu (15/10/22) ditinjau langsung oleh Kepala DPMD Kukar Arianto, untuk memastikan tes berjalan dengan baik.

"Rekrutmen tenaga pendamping desa dan kelurahan, Pendekar Idaman. Setelah kami membuka pendaftaran selama dua minggu, sudah kita seleksi secara administrasi kini mereka mengikuti tes tertulis." ujar Arianto.

Ia menyebutkan untuk peserta yang mengikuti hari ini total ada 443, yang terdiri dari tenaga ahli kabupaten 32 orang, pendamping kecamatan 109 orang, kemudian pendamping kelurahan dan desa 302 orang.

"Yang jelas nanti tenaga ahli kabupaten hanya ada 4 orang, pendamping kecamatan 40 orang dengan asumsi 2 orang per kecamatan, pendamping desa dan kelurahan sebanyak 237 dengan asumsi 193 desa dan 44 kelurahan." jelasnya.

Arianto mengungkapkan bahwa tugas fungsi utama mereka (Pendekar Idaman) nantinya mendampingi secara maksimal kegiatan dan program-program yang ada di kelurahan dan desa. Khususnya bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban kegiatan desa dan kelurahan dilakukan teman pendamping. Sehingga semua tetap sasaran dan langsung menyentuh masyarakat, tiada kesalahan, itu harapan yang diharapkan.

Kemudian secara spesifik program dedikasi Kukar Idaman, termasuk Rp 50 Juta per RT, Terang Kampungku, beberapa desa yang belum teraliri air bersih juga didampingi mereka.

"Begitu juga untuk pengalokasian dana transfer kita berupa alokasi dana desa, nanti ada kebijakan daerah yang kita arahkan untuk mendukung pencapaian target di RPJMD kita. Nanti teman-teman pendamping yang mengarahkan susunan APBDesnya sehingga ADD betul-betul terarah pencapaian RPJMD kita." tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top