• Senin, 05 Desember 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Wakil Ketua II DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Didik Agung Eko Wahono mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah merencanakan pembangunan strategis di lima kecamatan, yakni kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman dan Loa Kulu. Namun politisi PDI P tersebut juga mengingatkan Pemkab Kukar pentingnya kesejahteraan masyarakat dalam rencana tersebut.

Didik Agung mengatakan, tentunya pembangunan strategis ini akan berfokus pada penguatan sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif bagi daerah tersebut. Dan dirinya juga meminta Pemkab Kukar melakukan revisi untuk yang terdampak. Karena baginya kesejahteraan masyarakat harus menjadi perhatian tersendiri.

"Sektor seperti ekonomi kreatif masih dapat masuk secara potensial, namun berbeda dengan pertanian. Yang jadi persoalan dan kendala selanjutnya adalah pertanian. sementara lahan-lahan sudah dipersiapkan yang masuk kawasan pertambangan. Dampaknya bagaimana nanti, sedangkan yang sudah ada sudah di obrak-abrik pertambangan, pemerintah tidak berdaya. Itu harus menjadi perhatian dari pemerintah daerah," terang legislator DPRD Kukar dari Dapil II tersebut.

Didik Agung mencontohkan, disektor pariwisata per kapitalnya harus meningkat 300 persen. Sehingga dari segi pendapatan yang awalnya Rp 100 Ribu, setelah mendapat bantuan pengembangan seharusnya menjadi Rp 300 Ribu. Hal ini juga harus menjadi catatan bagi Pemkab Kukar sehingga rakyat setempat sejahtera dahulu sebelum rakyat luar.

"Kalau kita berharap daerah lain itu sulit, sementara masyarakat kita sendiri ekonominya masih kurang bagus. Jadi modal usaha dan wisata sehingga ketika wisata dibangun jangan sampai uang yang seharusnya hidup itu akhirnya tidak berjalan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Sebagai informasi, pada HUT Kota Tenggarong ke 240, 28 September 2022 lalu, Bupati Kukar Edi Damansyah memastikan, Pemkab Kukar telah merencanakan pembangunan strategis bagi lima kecamatan. Yakni kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman dan Loa Kulu. Tentunya dirinya juga berharap dukungan dari DPRD Kukar agar rencana ini bisa berjalan demi kesejahteraan masyarakat. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top