• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Anggota DPRD Kukar Dayang Marissa)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Hari ini tepat pada tanggal 1 Oktober 2022, seluruh masyarakat Indonesia memperingati salah satu hari paling bersejarah di Republik Indonesia, yakni Hari kesaktian Pancasila.

Sebagai salah satu hari bersejarah di Indonesia, banyak pihak turut memberikan ucapan dan harapan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya anggota DPRD Kukar Dayang Marissa.

Anggota Fraksi partai Golkar di DPRD Kukar ini mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dimaknai masyarakat, khususnya generasi muda sebagai momentum perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Ica sapaan akrabnya berpesan, kepada generasi muda untuk membulatkan tekad dan semangat untuk terus belajar, bekerja, dan mengabdi serta mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti persatuan dan kesatuan, semangat kebersamaan dan gotong royong.

"Sebagai generasi penerus yang akan memimpin bangsa ini ke depan, saya berharap generasi muda dapat memaknai Pancasila sebagai ideologi negara guna menanamkan rasa kebersamaan dan rasa persatuan dan kesatuan," terang Dayang Marissa.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu peringatan bersejarah dalam perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila sendiri merupakan peringatan tentang tangguhnya ideologi Pancasila menghadapi rongrongan hingga pengkhianatan terhadap NKRI yang terjadi pada tanggal 30 September 1965.

Dikenal dengan Gerakan 30 September (G30S), PKI berupaya mengkudeta Pemerintah Republik Indonesia serta merubah idelogi Pancasila. Tujuh pahlawan revolusi turut menjadi korban dalam peristiwa bersejarah tersebut. Meski pada akhirnya, Pancasila tetap kokoh menghadapi segala ancaman terhadap NKRI hingga saat ini. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top