• Selasa, 23 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Lomba olahraga tradisional menyumpit

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Salah satu lomba olahraga tradisional menyumpit yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar (Kukar), dalam meriahkan pesta Erau Adat Pelas Benua 2022 yang diikuti peserta dari beberapa daerah salah satunya Kukar Samarinda, Bontang, Kutai Timur, dan Balikpapan total ada 102 peserta yang terdiri dari 76 putra dan 26 putri.

Koordinatorr lomba Nanang Mujiono mengatakan lomba menyumpit sendiri adalah kegiatan yang dilaksanakan Dispora dalam rangka memeriahkan kegiatan tradisional Erau tahun 2022 .

"Untuk pelaksanaannya sendiri kita laksanakan selama 2 hari yaitu Rabu dan Kamis, untuk kemarin adalah babak penyisihan dari seluruh peserta kita ambil 10 besar peringkat 1 sampai 10 yang akan kita ikutkan dibabak final hari ini baik putra maupun pun putri." ujar Nanang Kamis (29/9/22).

Adapun kategori lomba untuk putra yaitu jarak 25 meter dan 20 meter sedangkan untuk putrinya di jarak 20 meter dan 15 meter. Kemudian tata caranya itu setiap jarak itu 4 seri, setiap seri dibagi 2 yakni 2 berdiri dan dua kali jongkok. Setiap seri menggunakan 10 anak sumpit atau 10 damak jadi yang sekornya paling tinggi itu yang masuk babak final.

"Kami berharap semakin kita adakan kegiatan olahraga tradisional khusunya menyumpit, makin membuat warga masyarakat tertarik untuk ikut bergabung dalam olahraga tradisional menyumpit, karena kegiatan ini kan ada jenjangnya baik di kabupaten, provinsi maupun di nasional. Dan Mudah-mudahan dengan adanya event ini semakin banyak anak muda yang tertarik untuk mengikuti olahraga menyumpit." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top