• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



pelatihan calon ahli K3 Umum.(foto:Distranaker Kukar)

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengalokasikan Anggaran APBD tahun 2022 untuk Pelatihan Calon Ahli K3 Umum (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Hal ini disampaikan Kepala Distransnaker Kukar Akhmad Hardi Dwi Putra kepada KutaiRaya.com Rabu (21/9/22).

"Adapun kegiatan Pelatihan untuk Tahun 2022 diikuti sebanyak 60 orang yang berasal dari Kecamatan Tenggarong, Samboja, Sangasanga, Anggana, Loa Janan, Muara Badak, Sebulu, Loa Kulu, Muara Kaman, Kota Bangun dan Tabang." ungkap Akhmad Hardi.

Akhmad Hardi mengatakan pada kegiatan Pelatihan Calon Ahli K3 Umum dibagi menjadi tiga tahap dan dilaksanakan selama 16 Hari 160 Jam Pelajaran. Kemudian setelah para peserta mengikuti pelatihan akan memperoleh Sertifikasi K3 dari Kemenaker dan PJK3 (Pelaksana Pelatihan).

Ia menyebutkan untuk pelatihan angkatan I diikuti 20 orang yang telah dilaksanakan Bulan Agustus 2022 lalu di Balikpapan dan PJK3 nya adalah PT Laden Safety Mandiri, dan pelatihan angkatan II 20 orang yang dibuka pada hari ini Rabu (21/9/22) di Balikpapan dan PJK3 nya adalah PT Insurin Adi Raya.

Kemudian untuk pelatihan angkatan III nanti juga akan diikuti 20 orang, yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir Bulan September ini dengan PJK3 nya PT Insurin Adi Raya di Balikpapan.

"Kami berharap melalui kegiatan pelatihan ini nantinya para generasi muda Kukar bisa lebih mudah dalam mencari pekerjaan dengan bekal ilmu yang dimiliki para peserta. Dan kami berkomitmen mendukung Program Kukar Siap Kerja. Karena peningkatan ketrampilan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah tanggung jawab semua pihak baik itu Pemkab Kukar dan Dunia Usaha." jelasnya.

Ia menambahkan pasca pelatihan K3 ini nantinya akan dilakukan langkah-langkah penyaluran peserta pelatihan ke Perusahaan yang memerlukan. (*dri)

Pasang Iklan
Top