• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Wakil Ketua DPRD Siswo Cahyono

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pelaksanaan Erau adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang selalu dinantikan masyarakat akan digelar kembali, setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19. Erau kali ini dimulai 20 September hingga 3 Oktober 2022.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Kukar, Siswo Cahyono mengatakan, event besar ini selalu di tunggu-tunggu masyarakat Kukar maupun Kabupaten/Kota lain.

Diketahui Erau dirangkai dengan beberapa acara adat seperti Titi Bende, Beluluh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Merangin, Ngatur Dahar, Mendirikan Tiang Ayu. Kemudian Bepelas Malam, Beserpah, Pengambilan Air Tuli di Desa Kutai Lama, Ngulur Naga, Beumban, Begorok Belimbur.

Selain itu juga akan digelar dengan beberapa kegiatan yaitu bazar UMKM yang akan memeriahkan Erau, Olahraga Tradisional serta Perayaan Ulang Tahun Kota Tenggarong.

Siswo Cahyono mengatakan membuat suasana nyaman terhadap pengunjung yang datang melihat kebudayaan Kutai secara langsung menjadi catatan penting. Karena dengan adanya wisatawan, juga bisa mempromosikan Erau ini ke masyarakat luas melalui media sosialnya.

"Jadi kami berharap bagaimana tamu atau pengunjung yang datang ke Kukar bisa dibuat serasa dirumah sendiri, merasa nyaman." ungkap Siswo Rabu (7/9/2022).

Siswo berharap kejayaan Erau itu kembali, Erau bisa dilakukan seperti sebelumnya Erau Adat Kutai International Folklore Art and Festival (EIFAF) sehingga bisa menghadirkan beberapa negara. Maka, kebudayaan-kebudayaan Kutai dikenal lebih luas lagi.

"Kami ingin Erau ini bisa menghadirkan beberapa negara. Sebagai salah satu ajang promosi di Nasional maupun Internasional," pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top