• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara Didik Agung Eko Wahono sangat mengapresiasi bantuan bibit varietas baru pertanian dari tiga perusahaan yang berada disekitar Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang.

Namun ada hal yang menjadi sorotan politisi PDI-P tersebut, dirinya meminta perusahaan yang berada dekat dengan persawahan masyarakat untuk juga memperhatikan lingkungan dari pembuangan limbahnya.

Hal ini diungkapkan Didik Agung Eko Wahono, saat menghadiri panen padi Gapoktan Mitra Tani Desa Bhuana Jaya bersama Bupati kukar di Lokasi Kelompok Tani Sri Lemah Sejati, Dusun Pulau Mas, Desa Bhuana Jaya, Tenggarong Seberang, Senin (29/8/2022).

"Idealnya perusahaan sekitar wajib membantu kebutuhan petani seperti bibit dan lainnya, jadi tidak hanya pemerintah daerah saja yang membantu tapi perusahaan sekitar juga harus membantu," ungkap Didik Agung Eko Wahono.

Tetapi disini ditegaskan Didik, dirinya menyoroti air yang mengalir ke persawahan itu dari limbah perusahaan sekitar sawah harus juga diperhatikan perusahaan supaya hasil panen petani lebih baik.

"Jadi jangan hanya membantu masyarakat petani, tetapi juga wajib melihat lingkungan, karena jika limbah itu berbahaya maka akan berdampak juga bagi hasil pertanian masyarakat, salah satunya gagal panen," tegas Didik.

Untuk itu, Didik Agung meminta perusahaan di Kukar yang lokasinya berada di sekitar persawahan agar lingkungan limbahnya diperhatikan.

"Jangan sampai air limbah dari perusahaan yang mengalir ke persawahan dapat mengakibatkan kerugian bagi para petani," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top