• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Sekertaris Daerah Kutai Kartanegara Sunggono resmi buka Pekan Raya Tenggarong dengan tema "Gebyar Merah Putih". Kegiatan ini dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, Tahun 2022, bertempat di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Jum'at (12/8/22) malam.

Sunggono mengatakan berdasarkan Program Dedikasi Kukar Idaman yaitu Kutai Kartanegara Kaya Festival dengan amanat misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

"Pelaksanaan kegiatan ini selama kurang lebih seminggu, tentunya diharapkan dapat membawa dan memberi efek domino atau multiflayer efek terhadap ekonomi masyarakat kita secara umum dan tenggarong pada khususnya." ungkap Sunggono.

Hal ini sejalan dengan pembangunan jangka menengah daerah yang dicanangkan yaitu terwujudnya masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

"Harapan saya dengan terlaksananya Pekan Raya, pasti terjadi transaksi ekonomi maupun perdagangan dan lain sebagainya. Tetapi hendaknya juga harga yang ditetapkan bisa lebih rendah, minimal sama dengan harga pasar pada umumnya." jelasnya.

Lanjut Sunggono, jangan momentum ini dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk menaikan harga jual barang, namun jadikanlah sebagai ajang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak serta membuat jejaring antara UMKM dan saling menguatkan. Meskipun malam ini belum banyak yang tau, sehingga tidak semua stan yang disiapkan sudah terpenuhi.

Dan selanjutnya juga untuk hiburan masyarakat, kegiatan ini nanti akan menampilkan pertunjukan seni, band, fashion, serta diisi dengan kegiatan senam bersama dan diisi permainan tradisional.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo mengatakan Pekan Raya Tenggarong ini adalah dalam rangka memperingati ulang tahun Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022.

"Kemudian yang pastinya kita ikut menggerakan UMKM, memberikan hiburan jadi banyak multiplayer efek yang kita dapat dari Pekan Raya Tenggarong ini. Nantinya juga akan dirangkai beberapa kegiatan sampai tanggal 18 Agustus." sebutnya.

Slamet mengungkapkan sesuai program dedikasi Bupati Kukar Edi Damasyah, dari kepala daerah Kabupaten Kukar bahwa Kukar Kaya Festival dan Kukar Kreatif Idaman. Artinya bahwa banyak event-event yang akan dilaksanakan, tentunya dengan RPJMD ada 100 event, tetapi kenyataannya lebih daripada itu.

"Dipasca pandemi atau ada pelonggaran ini, kita berharap bisa menggenjot event-enent yang akan menimbulkan ekonomi kerakyatan khususnya di UMKM dan ekonomi kreatifnya." pungkasnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top