• Rabu, 05 Oktober 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Kecamatan Tenggarong Seberang memiliki banyak potensi wisata untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata yang akan memberikan nilai positif untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ada beberapa destinasi wisata yang ada di Kecamatan Tenggarong Seberang yang dikelola oleh kelompok sadar wisata ataupun pribadi, diantaranya wisata Taman Gubang, Taman Leban, Kebun Belimbing, Air Terjun dan Goa Batu Gelap.

Sekertaris Camat Tenggarong Seberang AR Ambo Dalle mengatakan bahwa untuk masyarakat silahkan menggali potensi-potensi yang ada di Desa masing-masing, karena masih banyak potensi wisata yang bisa digali. Misalnya di Loa Ulung potensi wisata dengan memanfaatkan eks tambang yang dijadikan destinasi wisata.

"Potensinya ini betul-betul diperhatikan, baru nanti apa yang menyusul dibelakangnya. Sama seperti di Desa Embalut juga ada hutan leban disana, kami bilang menfaatkan kayu yang ada disana itu untuk kerajinan tangan dan sebagainya." ungkapnya.

Kemudian pintar-pintar juga mengeshare ke media sosial kalau ada tempat yang menarik, misalnya ada pemandangan bagus di shere ke media sosial untuk menarik wisatawan untuk berkunjung. Karena destinasi wisata merupakan salah satu andalan di Kukar.

"Saat ini dalam pengembangan destinasi di Tenggarong Seberang masih terkendala beberapa masalah salah satunya yakni Sumber Daya Manusia (SDM) masih agak kurang sama permodalan. Tapi saya bilang sama masyarakat udah gak usah buka yang gede-gede, biasa-biasa dulu yang penting bisa menarik wisatawan." ujarnya.

Misalnya di Loa Ulung, tidak besar-besar untuk membuka tempat wisata, cukup dibikinkan petak seperti pelabuhan kemudian dishere ke medsos sambil belajar. Karena bagaimanapun tempat wisata ada ilmunya dan juga ada modalnya.

Ambo menyebut dari pemerintah kecamatan sendiri mendukung sekali dengan adanya pengembangan destinasi wisata, bahkan dari Dinas Pariwisata dan Diskominfo Kukar sudah kencang turun ke tempat-tempat wisata untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan juga mempromosikan tempat-tempat wisata di KecamatanTenggarong Seberang.

"Kami berhap dengan berkembangnya wisata nanti selain memperkenalkan potensi yang ada juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat saat ini atau kedepan." terangnya.

Terpisah Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) M Ridha Fatrianta mengungkapkan pengembangan wisata yang dilakukan bukan hanya obyek wisata yang selama ini dikelola pemerintah, namun obyek wisata yang dikelola masyarakat di desa juga menjadi perhatian Dispar, untuk didukung supaya berkembang dan maju

Lanjutnya, ada beberapa wisata di Kecamatan Tenggarong Seberang yang dikelola oleh masyarakat dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yaitu wisata Taman Gubang yang ada di Desa Loa Ulung . Karena mereka sudah berjalan, sudah berkembang sangat pesat, dan menjadi tanggung jawab Dispar sebagai pembinanya. Kalau yang dikelola pribadi tentunya mereka berkembang dengan sendirinya, tapi Dispar bisa bantu melalui pemasaran, promosi dan juga mengkoordinasikan aksebilitas misalnya jalan masuknya dan sebagainya.

"Pemerintah Daerah sangat terbantu dengan ada pengelolaan wisata melalui pribadi, kelompok maupun sektor swasta. Karena tidak semua bisa kita fasilitasi. Jadi kalau sudah berjalan tentu kita akan coba bantu terkait dengan pengembangan SDM nya seperti pelatihan pembuatan souvenir khas wilayah dan pelatihan tata kelola destinasi." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top