• Selasa, 16 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan perjanjian kerjasama dengan Politeknik ATMI Surakarta dan Politeknik Negeri Samarinda di bidang peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Melalui program Beasiswa Kukar Idaman akan melaksanakan penerimaan mahasiswa baru calon penerima beasiswa tahun akademik 2022/2023 bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Bupati Kukar Edi Damasyah pada Sabtu (30/7/22) bertempat di Rumah Jabatan Bupati Kukar. Adapun program studi yang akan dikerjasamakan yaitu Politeknik Negeri Samarinda Program Studi Pariwisata D4 dan Politeknik ATMI Surakarta Porgam Studi Rekayasa Teknologi Manufaktur D4, Perancangan Manufaktur D4.

Bupati Edi Damasyah mengatakan kegiatan penandatangani MoU dan perjanjian kerja sama untuk putra putri Kukar, yang melanjutkan pendidikannya di Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik ATMI Surakarta, dengan pembiayaan itu ada Program Beasiswa Kukar Idaman yg tematik,

"Jadi yang melanjutkan di kedua Politeknik ini yang tematik, seperti yang di Politeknik di Samarinda ini Jurusan Pariwisata, Perhotelan, kalau di Politeknik Solo yakni ada teknik mesin dan manufaktur." kata Edi Sabtu (30/7/22).

Edi menyebut untuk kuota awal satu kelas 20, ini pun pendaftarannya belum sampai 20, hari senin dibuka kembali pendaftarannya dan di sosialisasikan ke sekolah-sekolah.

"Ini merupakan kerja sama perdana dengan kedua institusi. Karena salah satu prioritas kita adalah pengembangan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif, makanya diperlukan SDM di bidang pariwisata, sama teknik manufaktur kita perlukan." jelasnya.

Ia menambahkan untuk pagu anggaran beasiswa tersebut Pemkab Kukar menyiapkan Rp 3,5 milliar dengan rincian Rp 3 miliar untuk Politeknik ATMI Surakarta, dan Rp 500 juta untuk Politeknik Negeri Samarinda.

Sementara itu, Direktur Politehnik ATMI, Andreas Sugijopranoto mengucap terima kasih dan mengapresiasi atas kerja sama yang telah terjalin dengan Pemkab Kukar. Dia mengaku, apa yang telah mereka lakukan ternyata sejalan dengan Visi Misi Pemkab Kukar, yakni berkaitan dengan peningkatan SDM melalui akademisi. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top