• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Pagelaran Tenggarong International Folk Art Festival (TIFAF) akan dilaksanakan mulai Rabu (20/7/2022) besok, bertempat di Halaman Kedaton Kesultanan Ing Martadipura.

TIFAF mengusung tema Festival Seni Nusantara Untuk Dunia ini akan digelar dengan Kirab Budaya pada pukul 08.00 WITA dan dilanjutkan dengan opening ceremonial pada pukul 20.00 WITA.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan Kirab Budaya sendiri merupakan penampilan seni dari masing-masing daerah, dan akan arak-arakan dari depan pos pelabuhan Pulau Kumala, Timbau hingga menuju Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara (Kukar) Ing Martadipura melewati jembatan besi.

Kemudian, para peserta yang tergabung dari 10 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur dan 18 Kecamatan Kukar yang berpartisipasi dalam melakukan kirab budaya dengan menampilkan keseniannya dihadapan tamu undangan dan masyarakat.

Adapun peserta dari luar daerah yang akan meramaikan TIFAF adalah Jawa Barat (Cirebon, Kerawang), Sumatera Barat (Sijunjung), DKI Jakarta (Depok), Jawa Timur (Banyuwangi), Kalimantan Selatan (Banjarbaru), Sulawesi Selatan (Bone), Sulawesi Barat (Padang), Makassar, Bangka Belitung.

"Sedangkan untuk peserta dari Negara luar adalah Bulgaria, Chinese Taipei (Taiwan), Korea, North Cyprus, Peru, Romania, Turki, United Arab Emirates (UAE) dan Venezuela akan ditampilkan secara video tapping." ujar Slamet Selasa (19/7/22).

Slamet menyebut rangkaian kegiatan dari TIFAF adalah Kirab Budaya, Opening Ceremony Parade Tari Nusantara, Pentas seni dan budaya, Permainan & Olah Raga Tradisional, Bazar, City Tour Peserta dan Closing Ceremony.

"Seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan berlangsung selama lima hari, dari 20 - 24 Juli 2022. Dan dilaksanakan di Stadion Rondong Demang, Taman Kota Raja, Lapangan Basket Tenggarong, Amphitheater Tenggarong, Halaman Kedaton dan ditutup di Halaman Kantor Bupati Kukar."jelasnya.

Slamet mengajak masyarakat dari Kukar, Kaltim maupun diluar agar dapat meramaikan TIFAF. Dia juga menghimbau masyarakat tetap menjaga ketertiban dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Mari semua elemen masyarakat baik yang di Tenggarong, Kukar, Kabupaten dan Kota di Kaltim maupun dari provinsi luar Kaltim bersama-sama menghadiri acara TIFAF yang merupakan bagian dari pentasan seni baik lokal, nasional maupun internasional," tutupnya. (*dri)

Pasang Iklan
Top