• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah beserta unsur Forkopimda Kukar melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H, di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong, Minggu (10/7/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, Idul Adha memberikan makna perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih. Dari peristiwa perjuangan Siti Hajar dalam mempertahankan hidup bagi dirinya putranya Ismail, pengorbanan Nabi Ibrahim serta melaksanakan perintah qurban dengan menyembelih Nabi Ismail Alaihimassalam.

Beribadah Haji lanjutnya,adalah momentum puncak seorang hamba memberi totalitas ketaatannya dalam beribadah kepada Allah dengan kesediaan mengorbankan harta dan waktunya. Tidak sedikit dana dikeluarkan untuk membiayai perjalanan ibadah haji, bahkan untuk memperoleh kesempatan berhaji seseorang harus menunggu berpuluh tahun lamanya agar termasuk dalam kuota Haji.

"Berqurban memiliki makna pengorbanan yang sangat mendalam, bahkan melampaui keterikatan fisik dan mengabaikan keinginan material, harta benda, dan lain-lain, semata mata untuk memberikan pengabdian yang lebih tinggi dan lebih besar kepada Allah SWT. Akan tetapi, di balik semua perjuangan dan pengorbanan itu ada kenikmatan tiada tara tatkala kesempatan beribadah haji dan berqurban dapat dilaksanakan," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara turut mendorong agar perayaan Idul Adha 1443 H tahun 2022 ini tetap memiliki makna yang dalam pada dimensi keagamaan, sosial dan akuntabilitas, salah satunya dengan mengalokasikan bantuan hewan Qurban yang disebar ke-18 kecamatan untuk disalurkan ke masjid-masjid dan pesantren-pesantren.

"Harapannya, penyaluran hewan Qurban tersebut memiliki nilai yang multiefek, yakni efek nilai sakralitas ibadah dapat diraih, efek nilai solidaritas sosial kepada kalangan dhu'afa dapat ditunaikan, dan efek nilai akuntabilitas dalam penyaluran bantuan sosial dapat dipertanggung jawabkan. Semoga dengan dorongan ini segenap komponen masyarakat dapat merasakan atmosfir semangat pembangunan yang tengah digalakkan oleh Pemerintah daerah untuk mencapai visi misi mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang sejahtera dan berberbahagia," jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir Ketua Badan Pelaksana Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman H. Muhammad Bisyron, serta khotib Kepala Kantor Kementerian Agama Kukar H. Nasrun.

Usai sholat Idul Adha, Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan hewan qurban kepada panitia kurban Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman Tenggarong. (One)

Pasang Iklan
Top