• Kamis, 11 Agustus 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Bupati didampingi wakil Bupati saat penyerahan program 50 juta per RT.

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di dampingi Wakil Bupati H Rendi Solihin resmi melaunching Program Dedikasi Kukar Idaman Rp 50 juta per RT, di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Selasa (28/6/2022) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Abdul Rasyid, Wakil Ketua DPRD Didik Agung Eko Wahono, Dandim 0906 Letkol Inf Jeffry Satria, Perwakilan Kapolres Kukar, Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong Darmo Wijoyo, Kepala DPMD Kukar Arianto, Camat, Kepala Desa, Lurah se Kukar serta para RT.

Launching Program Rp 50 juta per RT ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati dan Wakil Bupati kepada desa berupa Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) ke 10 desa yaitu Desa Loa Pari, Desa Buana Jaya, Desa Muara Uwis, Desa Muara Muntai Ulu, Desa Santan Ulu, Desa Semangkok, Desa Batuah, Desa Segihan, Desa Tani Baru, Desa Rapak Lambur, Desa Bendang Raya. Dan kepada kelurahan berupa Surat Penyedian Dana (SPD), yaitu Kelurahan Timbau, dan Kelurahan Maluhu.

Edi Damansyah mengatakan program Rp 50 juta berbasis RT adalah bentuk penguatan peran fungsi para ketua RT se kabupaten Kukar. Tentunya untuk mengawali realisasi program Rp 50 juta berbasis RT tahun pertama tahun 2022.

"Saya berharap nanti para Camat, Kepala Desa, dan Lurah karena pengalokasian pembiayaan ini melekat di entitas Kelurahan, Desa, dan Kecamatan. Jadi saya berharap betul-betul para Kepala Desa, para Lurah, para Camat tolong program ini jangan sampai nanti ada tertahan pembiayaannya di kas kecamatan atau di rekening pemerintah kecamatan."kata Edi kepada media Selasa (28/6/2022).

Lanjutnya, jadi dorong dalam bentuk kegiatan, realisasikan dan dorong pembiayaannya, buat pertanggungjawabannya. Mudah-mudahan program ini sesuai dengan maksud dan tujuannya, cita-cita bersama untuk menguatkan peran fungsi para ketua RT yang ada di Kukar.

"Kami menyampaikan penghargaan kepada seluruh ketua RT yang ada di Kukar, yang selama ini sudah melaksanakan fungsi tugas dengan baik. Jadi gambaran profil RT yang ada di Kukar ini ada juga rekan-rekan kami Aperatur Sipil Negara (ASN) yang mendapat amanah masyarakat. Kami berharap laksanakan amanah ini, tapi jangan diabaikan tugas pokok selaku ASN yang juga melayani masyarakat di unit kerja masing-masing. " ujarnya.

Edi mengungkapkan mengawali kegiatan ini, kumpul silaturahim merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menguatkan komitmen bersama, bahwa program Rp 50 juta ini harus sukses dan berhasil di Kukar.

Sementara Kepala DPMD Kukar Arianto mengatakan pelaksanaan program bantuan berbasis Rukun Tetangga Rp 50 Juta per RT merupakan program dedikasi kukar bebaya. Yang mana bertujuan memperkuat fiskal desa dengan mengoptimalkan spesifik grand, bantuan keuangan khusus kepada desa dan penguatan peran kelurahan dalam proses percepatan capaian target daerah melalui alokasi Rp 50 juta per RT.

"Mekanisme dan pelaksanaan program dilaksanakan untuk RT yang ada di desa maka akan disalurkan langsung kepada desa, sedangkan untuk RT yang ada di kelurahan akan disalurkan melalui kecamatan dan kelurahan." jelasnya.

Arianto menyebutkan peruntukan Rp 50 juta yaitu operasional RT berupa pengadaan kendaraan, pendataan data kependudukan, data pendataan, pembuatan atau updateing peta profil desa, pelatihan, pembangunan atau perbaikan rehab pemulihan sarana dan prasarana bersekala kecil dilingkungan RT.

Kemudian pelayanan dan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti hari besar nasional, siskamling, kerja bakti gotong royong, kegiatan sosial keagamaan seperti yasinan, majelis taklim, PHBI, Tahfidz quran, peningkatan ekonomi masyarakat tingkat RT dalam bentuk bantuan untuk masyarakat miskin.

"Untuk RT di Kabupaten Kukar berjumlah 3.134 RT, yang terdiri dari untuk RT yang ada di desa itu berjumlah 2.336 RT dan untuk RT yang ada di kelurahan berjumlah 798 RT." terangnya.

Ia menambahkan bahwa untuk realisasi pelaksanaan program ini sudah dimulai sejak Senin 27 Juni 2022 dan akan diteruskan sampai selesai seluruh RT untuk desa bisa mencairkan bantuan ini, karena dana sudah tersedia. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top