• Kamis, 11 Agustus 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Camat Sebulu Edy Fahruddin)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Tidak lama lagi Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 September 2022 mendatang.

Dari 86 Desa yang melaksanakan Pilkades, 5 Desa diantaranya dari Kecamatan Sebulu, yakni Desa Lekaq Kidau, Segihan, Beloro, Sanggulan dan Senoni.

Camat Sebulu Edy Fahruddin mengatakan, saat ini tahapan verifikasi calon Kades sudah dilaksanakan. Untuk Desa Lekaq Kidau hanya satu calon yang daftar maka pendaftaran diperpanjang, diharapkan ada lagi yang mendaftar jadi bisa pemilihan dilakukan lebih dari 1 calon.

"Karena kalau hanya 1 calon yang mendaftar itu maka tidak bisa dilaksanakan Pilkades, " ujar Edy Fahruddin.

Ia mengaku, untuk calon Kades yang paling banyak mendaftar yakni di Desa Senoni ada 18 calon yang mendaftar, namun hanya 14 yang mengembalikan formulir.

"Karena calonnya lumayan banyak maka akan dilakukan ujian tertulis untuk menyeleksi kembali, karena sesuai aturan paling banyak hanya 5 calon Kades yang dapat mengikuti," terangnya.

Edy Fahruddin menegaskan, bahwa persiapan Pilkades saat ini khususnya di Kecamatan Sebulu terus berjalan. Dan untuk mensukseskan pelaksanaannya kami sudah bentuk panitia Pilkades.

"Baik dari Kabupaten maupun dari Desa sudah dibentuk panitia Pilkades, kalau kami masuknya di Kabupaten," tuturnya.

Ia menambahkan, pihaknya tetap akan memonitoring kegiatan Pilkades agar berjalan lancar, kami juga menjaga potensi rawan jelang Pilkades, pelaksanaan pemungutun suara hingga penetapan.

"Kita akan khususkan monitoring di Desa Senoni karena disana banyak Calon Kades yang mendaftar, kita ingin pelaksanaan Pilkades khususnya di 5 Desa do Sebulu berjalan lancar dan aman," tandasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top