• Kamis, 11 Agustus 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara




TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke VIII tingkat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah sukses diselenggarakan. Dan ada lima kategori yang dipertandingkan yakni kategori TTG Unggulan, Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Berprestasi, Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes), Inovasi TTG, dan Stan Pameran Terbaik.

Kegiatan Gelar TTG yang telah dilaksanakan mulai 25-27 Juni 2022 di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan pada hari ini Senin (27/6/2022) diumumkan pemenang lomba.

Adapun Juara di Kategori Teknologi Tepat Guna Unggulan Juara 1 diraih Kota Bontang berupa alat Keong Papi (Pemisah Padi) dengan nilai 379, Juara 2 Kabupaten Kukar berupa Modifikasi Mesin Hand Tractor menjadi mesin pemotong rumput rembas dengan nilai 372,5, dan Juara 3 Kota Balikpapan Booslem Microba Eco Noor Mansyah Multipower dengan nilai 358,5.

Kategori Posyantek Berprestasi Juara 1 diraih oleh Posyantek Maju Tanah Grogot Paser Bersama dengan nilai 377. Selanjutnya Kategori Posyantekdes Berprestasi, Juara 1 Posyantekdes Uko dari Desa Uko Kabupaten Paser dengan nilai 415,5, Juara 2 Posyantekdes Gempita dari Kelurahan Api-Api Kota Bontang dengan nilai 353, dan Juara 3 Posyantekdes Barokah dari Desa Loh Sumber Kabupaten Kukar.

Kemudian Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna Juara 1 diraih Muhamad Taufik dari Samarinda berupa Sprayer Anti Hama Otomatis (SAHO) dengan nilai 378,3 , Juara 2 Eka Putri Jenita Sari dari Bontang SERLINK (Sendok Ramah Lingkungan) dengan nilai 374 , Juara 3 Dakun Setiawan Inovasi dari Paser Pengental Getah Karet Multi Fungsi dengan nilai 373,2. Dan terakhir Juara Stand Pameran Terbaik adalah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai 468.

Kepala DPMD Kukar Arianto mengucapkan syukur alhamdulilah kegiatan hari ini sudah ditutup, yang diselenggarakan selama tiga hari dari 25-27 Juni 2022. kegiatannya semua berjalan dengan lancar.

"Teman-teman dari Kabupaten Kota juga merasa puas dengan fasilitasi kita, itu suatu kebanggan. Dan terima kasih juga kepada teman-teman peserta Lomba Gelar TTG. Kepada para juara mudah-mudahan bisa berhasil di tingkat nasional membawa nama Kaltim." kata Arianto kepada KutaiRaya.com Senin (27/6/2022).

Arianto menyebut untuk Kukar sediri belum dapat juara untuk mewakili Kaltim. Pihaknya akan terus maju untuk maksimalkan pengembangan TTG ini, supaya kedepannya bisa juga menjadi kabupaten yang mewakili Kaltim ditingkat nasional.

"Kita sadari di Kukar belum ada pembinaannya secara maksimal terhadap posyantek desa, tingkat kecamatan. Dan TTG unggulan belum ada pembinaan secara optimal. Kedepan kita akan coba rumuskan seperti apa pembinaan yang maksimal, termasuk melakukan kemitraan dengan dunia usaha, biar ada sinergi antara perusahaan dengan pemerintah bisa saling membina Posyantekdes dalam mengembangkan TTG."pungkasnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top