• Selasa, 23 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara





KUKAR (KutaiRaya.com) - Kegiatan Festival Sebulu 2022 yang merupakan rangkaian peringatan HUT Sebulu ke 57 diapresiasi Bupati Kukar Edi Damansyah, yang hadir dalam rangkaian Festival Sebulu 2022, di lapangan Desa Manunggal Daya, Kecamatan Sebulu Kabupaten Kukar, Minggu (26/6/2022).

Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, kegiatan Festival ini salah satu wujud program kami yakni Kukar Kaya Festival, dan Festival Sebulu ini menjadi tolak ukur kegiatan lainnya ditiap Kecamatan pasca pandemi.

"Kegiatan seperti ini semuanya sudah menunggu seperti di Muara Jawa, Samboja, Tabang, Muara Muntai dan lainnya. Karena ini sudah menjadi kalender Kabupaten, jadi harapannya kita bisa memberikan wadah interaksi kepada pelaku UMKM, efek multipliernya banyak orang berkumpul, warga masyarakat berjualan usaha dan masyarakat maju," ujar Bupati Kukar Edi Damansyah.

Namun lanjut Bupati Edi Damansyah, meskipun Kukar bisa melaksanakan event seperti ini, tentunya kita berharap juga kesadaran masyarakat dalam vaksinasi khususnya vaksin ketiga atau boster, mengingat saat ini capaian vaksin Boster di Kukar masih dibawah 70 persen.

"Didalam Kukar Idaman ada program Kukar Kaya Festival, kemasannya seperti Festival Sebulu ini. Tapi lagi-lagi kondisi kita ini masih Covid, tapi sudah longgar. Makanya saya imbau masyarakat untuk vaksin ketiga, karena capaian kita masih dibawah 70%, jika vaksin ketiga atau boster sudah bisa capai 70% maka kita lebih mudah lagi mempersiapkannya dan kegiatan bisa lebih luas lagi, tidak seperti saat ini yang bisa kita laksanakan saat undang artis hanya digelar diwaktu sore saja," terangnya.

Bupati Kukar Edi Damanayah tak lupa menyampaikan penghargaan terima kasih kepada Camat Sebulu, Kades Manunggal Daya yang sudah menjadi tuan rumah Festival HUT Sebulu ini. Sudah hampir dua tahun setengah aktifitas kita terbatas, hiburan masyarakat tidak bisa kita lakukan. Karena kami menghindari kerumunan yang lebih besar pada saat era Covid tinggi.

"Kami melihat saat ini bahwa kegirangan, kegembiraan dan antusiasme masyarakat sangat tinggi karena dua tahun setengah kita tidak ada hiburan seperti ini. Kegiatan ini juga dikemas expo, sehingga mewadahi pelaku UMKM. Jadi ada interaksi, transaksi, dan harapan kita ini bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan UMKM di Kukar, khususnya Sebulu," tuturnya.

Ia berharap, kepada para Camat agar kreativitas terus dilakukan seperti yang dilakukan Camat Sebulu ini. Kerja kolaborasi, libatkan semua pemangku kepentingan dan jajaran masyarakat.

"Tiada persoalan yang tidak bisa kita tangani dan tidak ada kegiatan yang tidak bisa terlaksanakan. Karena semangatnya bersama, dengan tagline Betulungan Etam Bisa," tegasnya.

Sementara itu, Camat Sebulu Edy Fahruddin menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari kerja kolabirasi semua unsur, seperti para Kades, pelaku usaha, ormas dan masyarakat turut ikut berpartisipasi.

"Dan Ini juga bagian dari mensukseskan program visi misi Kukar Idaman. Mewujudkan Kukar bahagia dan sejahtera, inilah bentuk untuk membahagiakan masyarakat kita," imbuhnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini juga terlihat antusias masyarakat yang hadir cukup tinggi, bukan hanya dari Sebulu saja, tapi juga saudara-saudara kita dari Muara Kaman, dan ada juga dari Kota lainnya turut datang seperti dari Balikpapan, Bontang dan Samarinda.

"Kedepaan kita akan koordinasi bersama seluruh Kades lagi, kita akan adakan kegiatan seperti ini. Artinya, setelah melihat antusiasme masyarakat hari ini dan melihat perekonomian rakyat kita sangat bagus. Yang berjualan ada yang beli artinya peningkatan ekonomi kerakyatan kita sudah bisa menaikkan UMKM kita lagi maka kita harap tahun depan kegiatan ini bisa kita laksanakan kembali," harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top