• Kamis, 18 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Camat Sebulu Edy Fahruddin didampingi Kapolsek dan Koramil Sebulu usai membuka lomba olahraga tradisional)


KUKAR (KutaiRaya.com) - Masih dalam rangkaian memperingati HUT Kecamatan Sebulu ke 57 pada Festival Sebulu 2022, Camat Sebulu Edy Fahruddin membuka lomba olahraga tradisional, berlangsung di Lapangan Bola Desa Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu Kukar, Minggu (12/6/2022).

Olahraga tradisional yang dilombakan seperti, Enggrang, Dagongan, Asenaga dan Behempas Bantal.

Camat Sebulu Edy Fahruddin mengatakan, sengaja kami mengadakan lomba tradisional ini karena manfaatnya selain membuat tubuh kita sehat, juga melestarikan olahraga tradisional yang nilainya tinggi, dan sudah turun temurun dari nenek moyang kita.

"Olahraga tradisional ini hiburan anak-anak sebelum mengerti game. Luar biasa, semua lapisan masyarakat mendukung. Baik itu dari ibu-ibu PKK, anak SMK maupun dari masyarakat umum, " ungkap Edy Fahruddin.

Ia menuturkan, untuk peserta lomba tradisional ini diikuti semua kalangan, baik itu dari peserta erau, orang tua, anak SMK, para ibu-ibu sehingga lomba ini ramai diikuti masyarakat Sebulu.

"Pesertanya hampir ratusan. Yang banyak lomba Asenaga peminatnya, ada 10 grup. Antusias masyarakat besar sekaligus hiburan juga untuk warga, " tuturnya.

Ia menambahkan, lomba ini diadakan untuk pertama kali. Dan merupakan kerja kolaborasi kami berkoordinasi dengan para Kades di kecamatan Sebulu, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

"Kami juga sepakati semoga wacana lomba tradisional ini bisa terus kami jalankan, maka ide-ide lomba ini bisa menjadi event olahraga tradisional setiap tahun di Sebulu, " harapnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top