• Jum'at, 26 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Camat Sebulu Edy Fahruddin)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Camat Sebulu Edy Fahruddin mengatakan, saat ini sekitar 209 RT dari 14 desa di Kecamatan Sebulu semuanya sudah mengajukan rekomendasi kepada Kecamatan terkait Program Rp 50 juta per-RT.

Sebelumnya, setiap RT membuat program seperti kegiatan masyarakat, dana operasional dan pembelian kendaraan operasional RT, lalu mengajukan ke desa masing-masing.

"Kami hanya memberikan rekomendasi pencairan. Pembelian Kendaraan nantinya yang mengakomodir dari desa masing-masing, pembelian kendaraan berkapasitas125 cc saja," ungkap Edy Fahruddin.

Ia mengungkapkan, RT yang berada di wilayah desa, proses realisasinya melalui Bantuan Keuangan Khusus Desa (BKKD) APBDes. Sedangkan di tingkat Kelurahan masuk dalam anggaran kecamatan.

"Saya berharap kegiatan seperti sosialisasi dan pelatihan. Harapan Bupati bahwasanya RT merupakan ujung tombak dalam penertiban administrasi di desa. Rencananya, nanti ada pelatihan tentang laporan administrasi kependudukan melalui online," harapnya.

Ia menambahkan, bantuan ini bisa dicairkan jika persyaratan sudah mencukupi, diantaranya APBDes sudah siap, terverifikasi dan dapat rekomendasi dari ke kecamatan. Kemudian mengajukan ke BPKAD Kukar.

Untuk anggaran lanjutnya, nanti bisa digunakan semaksimal mungkin dengan memberi warna dalam melaksanakan kegiatan.

"Semoga program ini bisa memberikan kegiatan yang bermanfaat bagi setiap RT dan bisa mengerakan warganya," tutupnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top