• Jum'at, 19 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Slamet Hadiraharjo

TENGGARONG, (KutaiRaya.com) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berharap Tahun 2023 Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) terbentuk di seluruh kecamatan di Kukar.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kukar Slamet Hadiraharjo kepada KutaiRaya.com beberapa waktu lalu.

Slamet mengatakan salah satu bentuk untuk membangun jejaring ekosistem adalah pembentukan Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) tingkat kecamatan di seluruh Kukar. Terakhir, telah dikukuhkan Kekraf Muara Badak. Dalam waktu dekat akan ada di Kecamatan Kota Bangun dan Samboja yang menyusul.

"Jadi nanti ada revitalisasi tempat untuk gedung Kekraf kecamatan. Yang belum final saat ini penunjukkan tempatnya, karena ada syarat yang harus dipenuhi. Legalitas tanah dan bangunannya harus milik pemerintah," ucap Slamet.

Dikatakan Slamet pembentukan ini diserahkan langsung kepada masing-masing komunitas yang ingin membangun Kekraf. Slamet menyebut pihaknya tidak ingin memaksakan kesiapan mereka, harus langsung dari inisiatif masing-masing.

"Jadi kami kembalikan ke mereka, kalau siap mereka sudah menyusun struktur posisi dalam Kekraf, beserta menyiapkan tempat untuk komunitasnya. Seperti untuk event, para komunitas ini jika berkumpul bisa mendapatkan ide-ide untuk event baru yang diciptakan kawan-kawan kecamatan," jelasnya.

Untuk pembentukan Kekraf ini juga dilakukan sosialisasi secara perlahan. Sebagai seorang mitra dan memfasilitasi Kekraf, Dispar menyerahkan pembentukan ini kepada komunitas masing-masing pemuda.

"Dan harapan saya di tahun depan (Kekraf) itu sudah terbangun di seluruh kecamatan. Maka nanti kita bantu melalui sosialisasi mengingatkan supaya dibentuk." tutupnya. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top