• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden)


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Program dedikasi Bupati Kutai Kartanegara yakni program Kukar Peduli Lingkungan, ditekankan adalah untuk melakukan pengelolaan persampahan.

Salah satu targetnya membentuk Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) di 6 Zonasi wilayah Kukar, yakni di Kecamatan Loa Janan, Samboja, Muara Badak atau Marangkayu, Tenggarong Seberang, Kota Bangun dan terakhir di Kenohan atau Kembang Janggut.

Menanggapi hal ini, Rektor Unikarta Prof Dr Ir Ince Raden mengaku sangat mendukung program dedikasi Bupati Kukar tersebut.

"Saya sebagai Rektor Unikarta sangat mengapresiasi salah satu program dedikasi Bupati Kukar yakni Kukar Peduli Lingkungan, karena pembangunan TPA di 6 zonasi wilayah ini sangat diperlukan agar pengelolaan lingkungan kita ini kedepan bisa lebih baik khususnya di seluruh wilayah Kukar," terang Ince Raden.

Ia mengatakan, terkait TPA ini sebenarnya itu Pemkab Kukar ingin menuntaskan persoalan persampahan di Kukar, karena masalah sampah ini menjadi salah satu agenda yang perlu kita tuntaskan terkait dengan ramah lingkungan.

"TPA sebagai tempat pembuangan akhir tentunya harus bisa mengakomodir persampahan dari tempat pembuangan sementara, kalau di 6 zonasi yang akan dibangun ini saya lihat memang kondisi jumlah penduduknya cukup padat, sehingga sangat perlu dibangun TPA ini," tuturnya.

Sedangkan untuk TPA Bekotok lanjutnya, saat ini saya lihat sudah dekat dengan pemukiman penduduk kemudian daya tampungnya juga sudah mulai jenuh artinya daya tampung sudah terlalu over.

"Sehingga memang perlu ada pembenahan seperti bisa direlokasi ataupun ditingkatkan proses pengelolaan sampahnya dengan tekhnologi terbaru," pungkasnya. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top