• Minggu, 03 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



(Kepala Bidang Pengolahan Layanan Dan Pelestarian Buku Perpustakaan Dedy Wahyudi )


TENGGARONG (KutaiRaya.com) - Perpustakaan umum Kabupaten Kutai Kartanegara yang terletak di Jalan Danau Semayang Tenggarong tetap buka di momen Ramadan tahun ini.

Tempat itu sempat ditutup karena pandemi Covid-19 namun kembali buka sejak September 2021 lalu. Saat Ramadan ini, waktu operasional Perpustakaan umum Kabupaten Kukar berbeda dari hari biasanya. Waktu operasionalnya lebih pendek ketimbang hari biasa, selain Ramadan.

"Selama Ramadhan perpustakaan buka mulai Senin sampai Jum'at dari pukul 08.00 wita pagi sampai 15.30 wita sore dan terbuka untuk umum, dari kategori anak-anak sampai dewasa. Termasuk layanan kami ada iKukar, Perpus Digital," ungkap Kepala Bidang Pengolahan Layanan Dan Pelestarian Buku Perpustakaan Dedy Wahyudi diruang kerjanya, Rabu (13/4/2022)

Dedy Wahyudi mengatakan, untuk pengunjung di perpustakaan pada awal Ramadhan memang tidak sebanyak hari biasanya, tetapi jumlah minat baca selama dibuka kembali sampai Ramadhan ini mulai meningkat.

"Meskipun pada saat Pandemi kemarin memang minat membaca menurun drastis. Perpustakaan kita juga tutup, baru buka semenjak September 2021. Belum ada setahun kita buka, jadi minat baca kita masih kategori kurang untuk saat sekarang ini. Dan sekarang pada bulan puasa ini minat baca sudah mulai meningkat, mulai membaik," terangnya.

Untuk menambah minat baca masyarakat dan datang ke Perpustakaan lanjut Dedy, pihaknya gencar melakukan promosi di Sosmed Diarpus, sambil di satu sisi kita juga menambah koleksi buku.

"Untuk pengunjung saat ini paling banyak itu didominasi mahasiswa dan pelajar tingkat TK dan SD. Kalau mahasiswa memang banyak karena mereka untuk mencari referensi skripsi," tambahnya.

Ia berharap, dengan gencarnya promosi dan penambahan koleksi buku, maka minat membaca masyarakat Kukar semakin tinggi. (One/Adv)

Pasang Iklan
Top