• Jum'at, 01 Juli 2022
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Kepala Desa Tanjung Batu Husniansyah

TENGGARONG, (KutauRaya.com) Desa Tanjung Batu yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang yang dulunya berstatus desa tertinggal sejak mekar dari Desa Embalut tahun 2004 silam, kini menjadi desa maju yang memiliki potensi unggulan yaitu di sektor pertanian, total ada kurang lebih 1000 hektar lahan pertanian yang bisa berpotensi menghasilakan produk pertanian.

Kepala Desa Tanjung Batu Husniansyah mengatakan potensi yang paling besar itu di pertanian karena mayoritas masih banyak lahan tidur, untuk itu pihak desa sejak dua tahun lalu mengundang Kodim 0906 yang kerjasama dengan Pangdam Mulawaeman untuk mengembangkan pertanian padi sawah dan hortikuktura.

"Mayoritas masyarakat di Desa Tanjung Batu bekerja sebagai petani, dan saat ini jumlah kelompok tani yang terdaftar resmi disimultan ada 9 kelompok." kata Husniansyah kepada KutaiRaya.com saat dikonfirmasi Selasa (12/4/2022).

Ia menyebut lasanan lahan pertanian di dataran rendah 460 hektar, belum termasuk lahan kering yaitu sekitar 600 hektar dari perbatasan Desa Loa Ulung samapai Desa Loa Raya.

"Harapan kami kedepannya disisi utara dekat PLTU itu kami ada pihak ketiga untuk membuka lahan agar bisa ditanam sawit yang memiliki luas lahan 300 hektar." ujarnya.

Dikatakan Husniansyah selain potensi disektor pertanian ada juga sektor perikanan, karena wilayah utara ini berbatasan dengan Desa Loa Lepu potensi perikanan masidh sangat terbuka.

Untuk saat ini kelompok pembudidaya keramba ikan ada 7 orang yang aktif, dan pembududaya ikan kolam ada 10 orang.

Kemudian ada juga potensi pariwisata seperti wisata air terjun, walaupun kecil tapi bisa dikelola dengan konsep yang dipadukan dengan kegiatan wisata pertanian. Tapi karena infrastruktur jalannya belum memadai jadi belum bisa di buka, tempatnya di RT 5. Nantinya Desa akan mengusulkan pembangunan jalan menuju objek wisata tersebut.

"Harapan kami tentu kalau berharap desa ini membangun hanya dibebankan anggaran pendapatan belanja daerah tentu sangat lambat. Jadi harus ada suport hubungan pemerintah terutama kabupaten baik itu membenahi infrastruktur jalan maupun kegiatan yang mampu mengembangkan potensi yang ada di Desa Tanjung Batu." pungkasnya.

Diketahui Luas wilayah di Desa Tanjung Batu yaitu 1400 hektar, terdiri dari 6 RT dengan jumlah jiwa 1892 orang. (*dri/adv)

Pasang Iklan
Top